Logo Saibumi

Terungkap! Ternyata Sofa Kamar Hotel Tempat Paling Banyak Bakteri, Ini Penjelasan Dokter

Terungkap! Ternyata Sofa Kamar Hotel Tempat Paling Banyak Bakteri, Ini Penjelasan Dokter

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI) - Kamar hotel mungkin terlihat bersih dan rapi. Tapi itu bukan jadi jaminan, karena masih saja ada bakteri!

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Senin, 23 Desember 2019, Dr Nidhi Ghildayal, PhD, spesialis penyakit menular dari University of Minnesota School of Public Health menjelaskan, ada satu benda yang paling banyak bakteri di kamar hotel yaitu sofa.

BACA JUGA: Jalin Kerjasama dengan SMSI Lampung Klinik Utama Saibumi Buka Posko Kesehatan

"Seringkali, noda pada sofa diseka dan digosok sampai diangkat, tetapi kuman lain yang tidak terlihat oleh mata tetap ada," ujar dia.

Sofa dan jenis kursi berlapis kain merupakan hal yang sulit dibersihkan. Sebab, sofa butuh perawatan khusus dan memakan banyak waktu.

Para petugas hotel pun tidak punya banyak waktu untuk merapikan isi kamar hotel. Kadang sofa hanya diseka atau dilap, untuk itu disarankan agar tidak duduk lama-lama di sofa dan jangan sampai tidur di situ.

"Itu memang terlihat bersih, tapi sofa bisa jadi tempat virus dan jamur," tegas Nidhi.

"Sofa adalah 'lalu lintas' para tamu hotel. Mereka meletakan tas di sana atau mungkin melempar pakaian kotor. Kalau mau duduk di sofa, baiknya letakan kain lainnya agar tidak kena kontak langsung," tambahnya.

Selain sofa, ada beberapa benda lainnya yang dinilai banyak bakteri. Beberapa di antaranya seperti remote TV atau remote AC, karpet, hingga mesin pembuat kopi. (*/ruslan)

BACA JUGA: Jangan Langsung Percaya, Ini Empat Mitos tentang Kolesterol

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong