Logo Saibumi

Ayo Liburan ke Palembang, Ini Lima Tempatnya yang Istimewa

Ayo Liburan ke Palembang, Ini Lima Tempatnya yang Istimewa

Kampung Kapitan. | Foto: Dok : pesona.travel

Saibumi.com (SMSI) - Sumatera Selatan (Sumsel) dengan ibukotanya Palembang merupakan provinsi terdekat dengan Lampung.

Apalagi saat ini sudah ada jalan tol, sehingga untuk ke Palembang dari Lampung hanya sekira dua jam saja.

BACA JUGA: Mau Liburan Seru dan Gratis di Bandung? Ini Lima Tempatnya

Saat pertama kali mendengar nama Palembang, apa yang langsung terlintas dalam pikiran Anda?

Jembatan Amperanya yang ikonik? Sejarah kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang selalu dikenang? Atau mungkin pempek, kuliner andalan yang lezatnya sudah tersohor ke seantero negeri?

Tiga hal tadi hanya sekelumit pesona Palembang. Tentunya masih banyak deretan fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan, terutama jika berbicara mengenai potensi pariwisatanya.

Palembang memiliki sejarah dan kebudayaan panjang yang memiliki keunikan tersendiri.

Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga untuk menjelajahi ragam pesona Bumi Siriwijaya di beberapa tempat istimewa berikut ini, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 28 Desember 2019:

1. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan. (Dok : pesona.travel)

Kampung Kapitan merupakan destinasi wisata yang tepat dikunjungi seluruh anggota keluarga. Tempat ini sebenarnya lebih dikenal sebagai pusat kuliner. Namun, ada banyak hal yang cukup menarik untuk dijelajahi.

Selain dikenal sebagai pusat kuliner, Kampung Kapitan menyimpan warisan budaya Tionghoa yang kental. Kawasan Kampung Kapitan bahkan diklaim telah berusia 300 tahun.

Banyaknya bangunan bersejarah yang berdiri di kawasan ini membuatnya cukup menarik untuk dijadikan objek wisata alternatif bagi keluarga.

Lokasi: Jalan KH. Azhari No. 7, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang.

Jam buka: 08.00-17.00 WIB

2. Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya

Datanglah ke Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya untuk melihat warisan budaya kerajaan Budha yang tersohor di Asia ini. Zaman dulu, kawasan Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai wilayah permukiman.

Wilayahnya terbentang dari tepi utara Sungai Musi. Kini, Anda dapat menemukan berbagai peninggalan era kejayaan Sriwijaya, seperti prasasti Kedukan Bukit yang juga merupakan simbol cikal-bakal berdirinya Kerajaan Sriwijaya.

Lokasi: Jalan Syakyakirti, Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang.

Jam buka: 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Rp10.000

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang. (Dok : indonesiakaya.com)

Ingin menikmati panorama perbukitan bersama keluarga? Datang saja ke Bukit Siguntang. Bukit kecil setinggi 30 mdpl ini berjarak 3 km dari utara Sungai Musi.

Pada masa Kerajaan Sriwijaya, kawasan Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat peribadatan umat Budha. Bahkan hingga saat ini, warga sekitar masih menyakralkan Bukit Siguntang.

Meski demikian, tempat ini tetap dibuka sebagai objek wisata bagi warga luar daerah yang ingin menikmati pemandangan alam sekaligus melihat peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Lokasi: Bukit Lama, Ilir Barat 1, Palembang.

Jam buka: 09.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Rp5.000

4. Benteng Kuto Besak

Berlokasi persis di tepi Sungai Musi, Benteng Kuto Besak menyajikan panorama keindahan bangunan kuno yang berpadu dengan pemandangan alam khas Palembang.

Benteng berusia ratusan tahun ini biasanya lebih ramai saat malam hari oleh pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kuliner lezat. Di tepi sungai, Anda pun dapat menemukan restoran apung yang tak kalah menariknya. Wajib datang!

Lokasi: Jalan Sultan Mahmud Badarudin No. 19, Palembang.

Jam Buka: 08.00-21.00 WIB

5. Taman Kambang Iwak

Dulu, Taman Kambang Iwak dibangun sebagai arena olahraga oleh pemerintah Hindia Belanda. Kawasan seluas 5 hektare ini dilengkapi danau, area konservasi tumbuhan, keran air minum, hingga fasilitas internet nirkabel.

Taman Kembang Iwak cocok dijadikan tempat bersantai setiap pagi dan sore hari.

Lokasi: Jalan Tasik, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Jam buka: 08.00-20.00 WIB

Nah, itulah lima tempat wisata keluarga yang ramah anak di Palembang. Tentu tidak ada salahnya mengajak seluruh anggota keluarga mengunjungi tempat wisata di atas saat berkunjung ke Palembang. Terlebih, Palembang dikenal sebagai kota yang ramah wisatawan.

Sarana transportasi dan wisata kini tersaji lengkap di ibu kota Sumatera Selatan ini. Anda dapat menemukan penginapan murah di Palembang bertarif terjangkau dengan berbagai kategori. Tinggal pilih, ingin bermalam di hotel bintang 3 atau hotel bujet yang lebih hemat

Selamat berlibur. (*/ruslan)

BACA JUGA: Libur Akhir Tahun, Ini Enam Wisata Baru di Tegal Bisa Anda Kunjungi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong