Logo Saibumi

Ini Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Seminung

Ini Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Seminung

Keindahan dari puncak Gunung Seminung (1.881 mdpl). Foto: Instagram Bujang Juaro

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Seminung (1.881 mdpl) merupakan salah satu gunung yang sering menjadi tujuan para pendaki di Lampung. Berada di Lampung Barat, Seminung memberikan pemandangan yang tak kalah menakjubkan dari gunung-gunung lainnya.

Reporter Saibumi.com yang sudah lama merencanakan pendakian Seminung akhirnya mendapatkan kesempatan mendaki bersama Komunitas Pendaki Cupu Lampung pada malam pergantian tahun, 31 Desember 2019.

Gunung yang sudah tidak aktif ini berdiri gagah di pinggiran danau terbesar di Lampung, yakni Danau Ranau Lampung Barat.

Menurut Komunitas Pendaki Cupu Lampung, ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum mendaki Gunung Seminung, diantaranya:

1. Rute Pendakian Gunung Seminung

Ada dua rute yang selama ini dijadikan rute untuk pendakian. Rute pertama melalui Desa Wisata Lumbok Ranau Lampung Barat dan yang kedua via Kotabaru Sumatera Selatan.

Jika pendakian melalaui jalur Lumbok waktu tempuhnya sekitar satu jam. Namun jika dari Kotabaru akan memakan waktu lebih lama, yakni sekitar tiga jam.

Pendakian dari Lumbok lebih dekat karena untuk sampai ke shelter pertama sudah bisa dijangkau dengan kendaraan motor. Pendaki tinggal melanjutkan perjalanan yang tidak terlalu jauh.

Sedangkan jika dari Kotabaru rutenya cukup jauh. Pendaki juga harus menyeberang Danau Ranau terlebih dahulu untuk kemudian sampai di kaki Gunung Seminung tepatnya di jalur pendakian.

Gunung ini memiliki bentuk yang mengerucut ke bagian atas, sehingga pendakian menanjak adalah menu di rute pendakinnya. Bahkan dibeberapa titik ada bagian yang sangat curam dan dibutuhkan beberapa tali untuk alat bantu mendaki. Tapi masih dalam kategori yang aman dan cukup mudah untuk didaki.

Pendaki akan melalui pohon-pohon besar khas hutan tropis di kanan kiri rute. Jika beruntung pendaki juga bisa melihat satwa langka seperti siamang dan juga rangkong saat mendaki.

Sekitar 30 menit menuju puncak, padang ilalang dan semak belukar adalah rute yang akan dilalui pendaki. Di bagian pucuk memang tak banyak pohon besar. Hal ini karena Gunung Seminung pernah mengalami kebakaran dibagian pucuknya, sehingga kini suksesi sedang terjadi lagi. Ini tentu sebagai pelajaran untuk pendaki agar tidak meninggalkan api ketika mendaki.

2. Keistimewaan Gunung Seminung

Ada yang memposting beberapa gambar edelweis Seminung, tentu ini menjadi salah satu hal yang banyak diburu para pendaki. Bagi Anda yang menemukannya diharapkan untuk tidak membawanya, cukup ambil gambarnya saja untuk dikoleksi.

Jika memang benar adanya tentu edelweis Seminung, adalah keistimewaan pendakian gunung yang secara administratif ada di dua provinsi ini.

Kawah Gunung Seminung juga menjadi banyak perbincangan. Di bagian puncak gunung, memang ada cekungan berukuran sangat besar. Namun tak ada kawah atau air didalam cekungan besar tersebut. Hanya ada tumbuhan bawah yang lebat berwarna hujau saja.

Selain kedua hal tersebut ada hal yang paling istimewa yakni pemandangan danau ranau yang indah dari pucuk gunung seminung. Danau ranau seluas 125,9 km² menjadi pemandangan ciamik ketika pendaki menginjakan kaki di Seminung. Jika tidak tertutup kabut, maka danau biru nampak sangat menakjubkan dari sini.

Pemandangan danau ini berkolaborasi dengan gunung-gunung yang ada disekitar Gunung Seminung seperti Gunung Pesagi, Gunung Raya, Gunung Sekincau dan juga pegunungan Bukit Barisan Selatan.

Sunrise menawan di Gunung Seminung juga akan menyambut pagi para pendaki. Bayangkan saja, berada di ketinggian lebih dari seribu meter anda diajak menyaksikan kemunculan si jingga yang menawan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus mendaki Seminung, selain beberapa keistimewaan yang telah disebutkan sebelumnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Putri Purnamasari.

BACA JUGA: Pemkab Lampung Barat dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong