Logo Saibumi

Lintas Sektor Pringsewu Antisipasi Resiko Bencana

Lintas Sektor Pringsewu Antisipasi Resiko Bencana

Rapat lintas sektor antisipasi bencana Kabupaten Pringsewu, Kamis, 26 Desember 2019, di aula Kantor Bupati setempat. Foto: Monica Monalisa/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Pringsewu - Antisipasi menghadapi musim hujan, Pemkab Pringsewu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu menggelar rapat lintas sektor terhadap pengurangan resiko bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, Kamis, 26 Desember 2019, di aula Kantor Bupati setempat.

Rapat Lintas Sektor ini dihadiri oleh Bupati Sujadi, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, Dandim 0424 Tanggamus Arman Aris Sallo,  anggota DPRD komisi III Sudiyono,  Kepala OPD, camat se-Pringsewu, dan  lembaga peduli bencana.

Sekretaris BPBD Pringsewu Teguh Prasetyo dalam laporannya menyampaikan, rapat lintas sektor dalam mengadapi musim
hujan ini untuk meminimalisir resiko bencana pada musim hujan.

"Sehingga perlu  diadakan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait untuk melaksanakan upaya-upaya  pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Pringsewu. Serta untuk  meningkatkan kesiapsiagaan menghadapai bencana seperti cuaca ekstrem seperti hujan dengan intesitas sedang, hingga tinggi yang menyebabkan banjir, tanah longsor dan puting beliung," ujar Teguh.

Sementara itu, Bupati Sujadi dalam sambutan sekaligus membuka rapat lintas sektor hadapi musim hujan ini mengatakan, rutinitas dalam menghadapi setiap musim baik itu musim hujan ataupun musim kemarau memiliki potensi berkah dan musibah.

"Beberapa waktu lalu ada potensi musibah yang berkaitan dengan cuaca, dan kita pernah mengalami bencana.  Tetapi kesiapannya harus kita siapkan. Barangkali yang nanti mungkin sebagaimana yang kita siapkan tadi, kita punya peta bencana dan berkemungkinan jika bisa berkomunikasi dengan yang ahli,  dan kita sudah siap bilamana nanti akan terjadi bencana," kata Sujadi.

Ditambahkan oleh Sujadi, banjir yang berada di kali besar seperti Sungai Sekampung dan Sungai Way Tebu. Kemudian banjir yang terjadi di kota/ pekon / tengah pemukiman.

"Kalau perlu, mulai dari sekarang,  dilingkungan masing-masing seperti  kelurahan atau pekon, seharusnya  sudah mulai dilakukan bersih-bersih tempat yang menimbulkan potensi banjir," imbau Sujadi.

Untuk itu, ia berharap semua stakeholder baik para pengusaha hingga kalangan masyarakat utnuk bekerja bersama pemerintah dalam mengantisipasi potensi bencana alam.

"Semua stakeholder harus terlibta, kita akan sentuh pengusaha dan masyatakat. Mulai saat ini izin pembangunan gedung dan bangunan harus betul-betul diperhatikan," pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala BPBD Pringsewu Khotim dan dilanjutkan dengan diskusi terkait bencana yang seringkali terjadi di Pringsewu. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Monica Monalisa.

BACA JUGA: Pesan Natal 2019: Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang Tanpa Memandang SARA

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong