Logo Saibumi

Libur Akhir Tahun, Ini Enam Wisata Baru di Tegal Bisa Anda Kunjungi

Libur Akhir Tahun, Ini Enam Wisata Baru di Tegal Bisa Anda Kunjungi

Jembatan Kaca Guci | Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI) - Kini, libur akhir tahun telah tiba. Mungkin, sebagian masyarakat sudah menyiapkan rencana berlibur ke beberapa tempat wisata.

Namun bagi yang belum, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tegal ini bisa jadi pilihan untuk menikmati tamasya di akhir 2019 bersama keluarga.

BACA JUGA: Ini Lima Tempat di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi setelah Turun dari Kereta

Sebenarnya ada banyak pilihan tempat wisata di Kabupaten Tegal. Mulai dari wisata air panas di Guci hingga wisata pantai di Purwahamba.

Namun, dalam setahun terakhir ini, muncul banyak tempat wisata baru yang menjadi alternatif berlibur.

Ada enam tempat wisata baru yang tersebar di Kabupaten Tegal. Dari tempat wisata yang syahdu seperti sawah batu di Bukateja, Kecamatan Balapulang, hingga wisata ekstrem seperti di Bukit Rangkok, Desa Pagerwangi.

Berikut enam tempat wisata baru di Kabupaten Tegal yang kami rangkum untuk Anda, dilansir Panturapost, Selasa, 24 Desember 2019:

Bukit Rangkok

Bukit Rangkok, Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (Foto: Dok. Humas Pemkab Tegal)

Satu lagi destinasi wisata desa hadir di Kabupaten Tegal yaitu di Bukit Rangkok, Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus menguji adrenalin.

Tempatnya menarik untuk menikmati pemandangan alam perdesaan dan Sunset di ketinggian. Bagi Anda yang menyukai tantangan, bisa menguji adrenalinnya dengan memanjat batuan dengan teknik “via ferrata” atau menaiki tangga besi yang ditanam di dinding tebing.

Jangan khawatir soal pengamanan, pengelola sudah menyediakan fasilitas lengkap dengan peralatan pendakian berstandar internasional. Untuk menjaga keselamatan, pengunjung juga akan didampingi local guide yang terlatih.

Aktifitas memanjat tebing ini jika dokumentasikan akan menghasilkan karya foto yang super keren. Layaknya pemanjat tebing profesional.

Jembatan Kaca Guci

Baru-baru ini, ada wahana yang cukup menantang adrenalin. Lokasinya di Puncak The Baron Hill Of Guci. Di sana, ada jembatan kaca yang bikin para wisatawan deg-deg ser.

Jembatan kaca itu pajangnya enam meter dan lebarnya tiga meter. Tebalnya 24 mili meter. Untuk mempercantik, jembatan itu dihiasi bunga-bunga. Selain itu juga ada lampu hias untuk memperindah suasana saat malam hari.

Sawah Batu Bukateja

Wisata Sawah Batu di Desa Bukateja Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (Foto: Bentar)

Wisata Sawah Batu di Desa Bukateja kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal ini menyajikan Pemandangan alam sekitar. Jika berkunjung ke sana, kita akan disuguhkan dengan bukit-bukit yang indah. Apalagi jika suasana sore hari.

Wisata sawah ini di lengkapi jalan yang terbuat dari anyaman bambu, gubuk-gubuk terbuat dari bambu di tengah hamparan sawah. Tak hanya itu, sebelum masuk wisata Sawah Batu, terlihat gapura megah yang di hias dengan bambu-bambu.

Keli-kelian di Kali Danawarih

Wisata keli-kelian di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (Foto: Bentar)

Di tempat wisata ini, pengunjung akan mengarungi Kali Susukan yang merupakan aliran anak Sungai Gung. Di tempat ini, wisatawan bisa menghilangkan rasa lelah dan jenuh dari aktivitas rutin.

Wisata baru ini namanya Keli-kelian. Nama tersebut diambil dari bahasa jawa yang berarti hanyut-hanyutan. Adapun wisata “Keli kelian” ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumdes Banyu Gede Desa Danawarih.

Guci River Tubing

Bagi para traveler atau wisatawan, utamanya yang mengunjungi Objek Wisata Guci dan sekitarnya, sensasi river tubing bisa dilakukan di sekitar wisata tersebut tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah lain.

Guci River Tubing tidak begitu jauh dari Wisata Guci, tepatnya di Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Dari tiket masuk Guci, belok kanan yang mau ke arah wisata Guciku.

Sebelum jembatan di sebelah kanan terdapat posko Guci River Tubing Adventure. Wisata ini menawarkan sensasi menegangkan menyusuri derasnya Kali Gung.

Jeep Adventure di Guci

Berwisata sambil menyusuri lereng Gunung Slamet Kabupaten Tegal. (Foto: Bentar)

Bagaimana rasanya menyusuri lereng Gunung Slamet menggunakan mobil jeep era Perang Dunia II? Jika Anda merupakan tipe orang yang menyukai tantangan, mungkin ini adalah destinasi wisata yang cocok.

Namanya Jeep Wisata Guci Adventure. Lokasinya masih sekitar objek wisata Guci Kabupaten Tegal. Di sana, Anda bisa mencoba perjalanan di sekitar lereng Gunung Slamet dengan menggunakan mobil Jeep Willys yang pernah berjaya pada 1940-an.

Sedikitnya ada 10 mobil klasik Jeep yang disediakan siap mengantarkan pengunjung.

Selamat berlibur. (*/ruslan)

 

BACA JUGA: Keren! Indonesia Nomor Satu, Ini 10 Tempat Wisata Terbaik di Dunia

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong