Logo Saibumi

DPC AWPI Pringsewu Gelar Diskusi Publik Penguatan Akuntabilitas Tata Kelola Dana Desa

DPC AWPI Pringsewu Gelar Diskusi Publik Penguatan Akuntabilitas Tata Kelola Dana Desa

Diskusi publik penguatan nilai akuntabilitas tata kelola penggunaan dana desa di sekretariat DPC AWPI Pringsewu, Jl. Veteran Gang Sakti Raya, Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Senin, 23 Desember 2019. Foto: Monica Monalisa/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Pringsewu - DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Pringsewu menggelar diskusi publik penguatan nilai akuntabilitas tata kelola penggunaan dana desa.

Kegiatan yang dihadiri oleh pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), organisasi masyarakat dan seluruh lembaga se-Pringsewu ini dilaksanakan di sekretariat DPC AWPI Pringsewu, Jl. Veteran Gang Sakti Raya, Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Senin, 23 Desember 2019. 

BACA JUGA: Nikmati Keindahan Alam dari Ketinggian di Talang 3 Pringsewu

Diskusi ini menghadirkan empat narasumber, yaitu Kepala Inspektorat Pringsewu Endang Budiati, Kanit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Gede Indra Asti AP, Bagian Intelijen Kejari Pringsewu Achmad Saifudin dan Andreas Andoyo Diretur LP3K (Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pembangunan Kawasan) yang menyampaikan masalah pengawasan dana desa.

Ketua DPC AWPI Pringsewu Akhmad Khattab dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja DPC AWPI Pringsewu guna memberikan pencerahan kepada para kepala pekon.

"Tentunya sebenarnya, kami (wartawan) selain menjadi fungsi kontrol juga memberikan masukan agar tata kelola keuangan di desa benar-benar sesuai harapan Bupati Pringsewu 100 % perencanaan, 0 % kesalahan dan 100 % pertanggungjawaban dan pelaporan," ujar Khattab.

Khattab sangat menyayangkan, pada diskusi publik yang intinya ingin memberikan ilmu pada para kepala pekon ini banyak tidak dihadiri oleh perwakilan Apdesi.

"Kepada para peserta diskusi yang hadir bisa menggunakan semaksimal mungkin untuk bertanya kepada para narasumber kegiatan diskusi ini untuk menambah pengetahuan terkait dana desa dan pengelolaannya," imbaunya.

Mewakili Bupati Pringsewu, Kadis BMP Malian Ayub memberikan sambutan sekaligus membuka acara diskusi publik. Ia menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu organisasi profesi wartawan ini.

"Memang benar apa yang disampaikan soal 100,0,100 dalam tata kelola dana desa. Akan tetapi, untuk menuju hal ini, kalau kita bicara akuntabilitas, untuk melaksanakan yang baik tentunya SDM nya harus dibenahi, karena ketika sudah mumpuni dan mampu memiliki ilmu di bidangnya, maka pelaksanaan akuntabilitasnya akan baik," katanya.

"Jujur saja, kendala yang kami pelajari dan pahami dengan adanya pergantian kepala pekon hingga aparaturnya akan ada pergeseran dan kewenangannya. Sehingga BMP harus melatih kembali aparatur pekon, memberikan ilmu tata cara penyusunan, perencanaan, dan pelaksana di lapangan, sertavpelaporan yang baik, terkait dengan akuntabilitas tata kelola," tambah Malian.

Kalau kita coba membandingkan, tambah Malian, kondisi pengelolaan keuangan dana desa di Pringsewu dibandingkan dengan kabupaten lain, Siskeudes di Pringsewu sudah online.

"Hal ini insha Allah bisa kita laksanakan dengan baik di Kabupaten Pringsewu, 126 Pekon di Pringsewu dan tahun ini ditambah anggaran kelurahan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengawalnya agar bisa dilaksakanan di lapangan sesuai harapan kita semua," tandasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Monica Monalisa.

BACA JUGA: Dharma Wanita Persatuan Pringsewu Optimalisasi Kerja Dukung Pembangunan Daerah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong