Logo Saibumi

Ngopi Asik Sambil Diskusi di Kedai Kopi Tuan Jana

Ngopi Asik Sambil Diskusi di Kedai Kopi Tuan Jana

Beberapa menu andalan di kedai kopi Tuan Jana. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pecinta kopi Lampung patut mencoba racikan robusta Ulu Belu Tanggamus yang ada di kedai Tuan Jana. Selain rasanya yang mantap, beragam minuman kopi dibanderol dengan harga terjangkau.

Owner Tuan Jana, Beni menyebut, terdapat tidak kurang dari 21 jenis minuman kopi yang ditawarkan. Dengan biji kopi robusta, barista Tuan Jana jago meracik varian ice maupun hot dengan caranya sendiri. Konsumen yang tidak suka kopi pun jadi ketagihan.

BACA JUGA: Jelang Launching, Klinik Utama Saibumi Gelar Kompetisi Aerobik

"Dari beragam kopi tersaji, yang menjadi signature Tuan Jana yakni cold brew white coffee. Ini sengaja di komposisikan menjadi kopi yang unik, creamy dan manis khusus untuk menggaet orang Lampung yang enggak suka ngopi," ucapnya, kepada Saibumi.com, Sabtu, 21 Desember 2019.

Tidak kalah nikmatnya, di kafe yang baru buka 5 Oktober 2019 itu juga melengkapi dengan varian minuman coklat, diantaranya, Jawa Srawana, Sumatera Andalas, Bali Kamarasa dan Sulawesi Celebes. Yang bisa dibuat dalam bentuk hot maupun Ice.

"Coklat kita spesial, dari empat lokasi di Sumatera, Bali, Jawa dan Sulawesi. Dengan mengangkat rasa coklat ala westren, namun enggak terlalu pahit. Dan tentunya rasanya akan konsisten," ucap Beni.

Dengan keunggulan rasa yang ditawarkan, harga di kedai ini relatif murah. Konsumen yang datang hanya cukup merogoh kocek Rp17 - Rp25 ribu untuk satu gelas minuman 400 ml.

"Kita mau mengaet seluruh kalangan, segmentasi awalnya menengah kebawah lebih kepada kawula muda, anak kuliah dan pekerja. Namun kesininya juga banyak kalangan atas yang menjadi konsumen Tuan Jana," tuturnya.

Untuk melengkapi nikmatnya kopi, kedai yang dimiliki Beni dan Panji itu, menyediakan menu makanan dan camilan. Antara lain, mie tek-tek, bihun, fried banana white brown sugar, french fries dan bitter bellen. Dicsediakan pula aneka makanan pastri dan cake, seperti chiken broad pastry, palmiers cookies, pisang bolen dan brownies.

"Karena konsepnya traditional, 25 menu itu dihargai dari Rp6 ribu sampai dengan Rp22 ribu. Dan menu ini, hasil koleksi komposisi sendiri yang membuat rasanya lebih konsisten," terangnya.

Tidak cuma itu, kedai kopi Tuan Jana juga nyaman untuk nongkrong, serasa di rumah sendiri. Racikan kopi robusta yang semerbak menambah betah berlama-lama di sini. Suasana vintage terlihat saat pertama menginjakan kaki di lokasi yang berada Jalan Jendral Suprapto No.47 Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Desain interior Kedai Kopi Tuan Jaya bergaya country yang menghadirkan benda dan perabot vintage. Sengaja dibuat klasik, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga betah berlama-lama.

"Tujuannya ingin membuat nuansa ngopi sambil berdiskusi, ketika konsumen pulang dari sini ada kesan. Sehingga menjadi hal yang baru dan beda, ketika orang tahu Tuan Jana imagenya asik, aman, nyaman dan ingin balik lagi. Kita menciptakan anomali ditengah industri yang modern," paparnya.

Beni memberitahukan, Tuan Jana memiliki aura religius yang mana setiap menyebut namanya berarti berdoa. Sejarahnya, berasal dari bahasa Jawa yang berarti "Kembali ke Rumah". Dengan harapan, konsumen yang sudah datang akan kembali lagi ke Tuan Jana.

"Sebenarnya cerita pengalaman hidup, dimana saya dan Panji merupakan teman lama dari SD, SMP dan SMA. Kemudian kami merantau di tempat terpisah, mendapati beragam pengalaman, pembelajaran dan asmara di kota orang. Namun pada akhirnya kembali lagi ke tanah kelahiran, balik ke kampung halaman. Kemudian, kami berkolaborasi membuka bisnis kopi berdasarkan hobi," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Flyover Untung Suropati - RA Basyid Selesai, Januari 2020 Operasional

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong