Logo Saibumi

Sabang, Surga diUjung Barat Indonesia

Sabang, Surga diUjung Barat Indonesia

Gapura Masuk Wilayah Wisata Kota Sabang. Foto : Putri Purnamasari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Sabang - Sabang adalah kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Sabang memiliki luas 156,3 kilometer persegi dengan puncak tertinggi 617 meter di atas permukaan air laut. Pulau Weh sendiri merupakan pulau utama dan terbesar yang terpisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggala.

Selain berbatasan langsung dengan 3 negara yaitu Malaysia, Thailand dan India, Sabang juga merupakan sebuah daerah yang sangat unik bagi Indonesia. Hal itu karena di sinilah anda dapat menemukan tugu nol kilometer yang merupakan cikal bakal istilah "Dari Sabang Sampai Merauke".

BACA JUGA: Saibumi Goes To Aceh

Saat ini Sabang menjelma menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam, disini anda dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam para wisatawan dapat menemukan ratusan spesies ikan dan terumbu karang alami.

Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih serta pepohonan nan hijau. Sabang merupakan kota kecil yang indah dengan struktur tanah berbukit-bukit sehingga warga setempat menyebut kota Sabang dengan dua nama yaitu kota bawah dan kota atas.

Tim Saibumi.com yang kebetulan sedang bertugas di Banda Aceh, memutuskan untuk pergi ke Sabang. Perjalanan dimulai, Tim Saibumi berangkat dari penginapan meuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Karena keberangkatan yang sudah terlalu sore, kami berangkat menggunakan feri menuju pelabuhan Balohan, Sabang.

Pantai Gapang, Pulau Weh. Foto : Putri Purnamasart/Saibumi.com

Harga tiket kapal sangat terjangkau, yakni 48 ribu rupiah bagi penumpang dewasa, perjalanan ditempuh selama 1 jam dan 30 menit. Sedangkan untuk tariff kapal cepat, yakni 80 ribu rupiah untuk satu tiket dewasa.

Sesampainya di Pelabuhan Balohan, puluhan pemilik mobil menyerbu kami, menawarkan sewa mobil dan juga penginapan. Setelah proses tawar menawar, akhirnya kami menyewa satu mobil dengan harga 250 ribu rupiah untuk 1 kali 24 jam. Perjalanan dilanjutkan menuju resort, dari pelabuhan menuju resort ditempuh selama 20 menit.

Sepanjang jalan, Tim Saibumi dibuat kagum dengan kebersihan dan tata ruang kota Sabang. Panorama indah dan asri menemani perjalanan kami hingga ke penginapan.

Penginapan yang kami pilih merupakan penginapan yang berada di bibir Pantai Sumur Tiga,  deguran ombak dan sejuknya udara pantai ketika malam menjadi teman tidur malam itu.  Harga kamar yang ditawarkan mulai dari 300 ribu hingga 800 ribu rupiah tergantung banyaknya orang yang akan menginap.

Matahari mulai muncul dari ufuk timur, cahaya oranye terlihat dari ujung pantai menambah keindahan Pantai Sumur Tiga pagi itu.

Perjalanan pagi itu dilanjutkan menuju Pantai Gapang yang merupakan surga bagi para divers. Karena disana terdapat banyak sekali diving centre. Kali ini Saibumi menuju monster divers  yakni salah satu dive centre ternama di Sabang. Setelah menempuh perjalanan selama 40 menit akhirnya kami tiba di Pantai Gapang.

Tak jauh dari pintu masuk, terlihat monster divers yang merupakan tujuan kami. Sergi, instruktur sekaligus pemilik diving centre menyambut kami dengan sangat ramah. Namun, sangat disayangkan, karena kami tak membawa kamera untuk mengabadikan alam bawah laut saat itu.

Tarif diving bagi pemula sebesar 650 ribu rupiah, sedangkan bagi divers yang sudah memiliki sertifikat, biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali dive yaitu 400 ribu rupiah lengkap dengan alat diving dari ujung kepala hingga kaki.

Laporan Reporter Saibumi.com, Putri Purnamasari.

BACA JUGA: Ribuan Ton Beras Bulog Tidak Layak Dikonsumsi Hewan, Apalagi Manusia

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong