Logo Saibumi

Jelang Panen, Hama Burung Pipit Serang Padi Petani Lampung Barat

Jelang Panen, Hama Burung Pipit Serang Padi Petani Lampung Barat

Hamparan padi para petani di Pekon Bedudu yang harus ekstra dijaga dari serangan burung | Foto: Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Lampung Barat - Menjelang musim panen padi, petani di Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Lampung Barat (Lambar) harus kerja ekstra menjaga serangan hama burung pipit atau emprit.

Petani setempat, Yulyanto, mengatakan sejak satu bulan terakhir dia bersama anak dan istrinya setiap hari harus berjibaku mengusir ratusan burung pemakan padi itu, agar tidak habis sehingga gagal panen.

BACA JUGA: Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 0422 Lambar Gelar Donor Darah

"Setiap pukul 05.00 kami di sawah, karena padi mulai mengubing. Saat-saat seperti ini, burung-burung mulai menyerang padi kami. Kalau tidak dijaga sudah pasti kami tidak bisa panen karena habis," kata dia, Senin, 9 Desember 2019.

Dijelaskan, sawah  seluas dua hektare tersebut satu-satunya mata pencaharian untuk menyambung hidup. Sawah-sawah di sekitarnya pun saat ini hampir panen.

"Satu atau dua pekan lagi kami panen. Inilah resikonya menghadapi panen, karena banyak serangan burung emprit. Jika datang, jumlahnya mencapai ratusan. Harus kerja ekstra. meskipun hujan kami harus berada di sawah pada pagi menjelang siang dan sore menjelang magrib," jelas Yulyanto.

Disinggung soal kerugian, menurutnya belum terlihat. Hanya saja rasa lelah akibat serangan burung-burung itu.

"Tanaman padi berjenis ketan itu yang sudah hampir 80 persen habis. Satu petak sawah kecil kalau sudah panen, sekitar tiga kaleng padi yang habis dimakan burung. Sepertinya tidak banyak perbedaan hasil panen dari sebelumnya," ungkap Yulyanto. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Edi Saputra

BACA JUGA: Genangan Air di Jalan Nasional Pekon Canggu Lambar Membahayakan, Butuh Perhatian Pemerintah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong