Logo Saibumi

Kejari Tanggamus Ajak Pelajar Jadi Bagian Gerakan Moral Perangi Korupsi

Kejari Tanggamus Ajak Pelajar Jadi Bagian Gerakan Moral Perangi Korupsi

Siswa-siswi SMAN 1 Kota Agung melaksanakan upacara peringatan Hari Korupsi Sedunia 2019 di Lapangan Kantor setempat, Senin 9 Desember 2019. Foto: Rusdi/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Tanggamus - Kejaksaan Negeri Tanggamus memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2019 dengan mengajak siswa-siswi SMAN 1 Kota Agung melaksanakan upacara di Lapangan Kantor setempat, Senin 9 Desember 2019.

Dalam arahannya, Kepala Kejaksaan Negeri Tanggamus, David P Duarsa membacakan amanat Kejaksaan Agung RI tentang pentingnya komitmen dan tanggung jawab bersama untuk saling bahu membahu dalam proses penegakan hukum, pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Berangkat dari pemahaman bahwa korupsi merupakan musuh bersama, maka sudah barang tentu agenda pemberantasan korupsi harus merepresentasikan upaya yang melibatkan partisipasi semua komponen bangsa," katanya.

Terlebih, lanjut David, aparatur kejaksaan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum, maka sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan moral dalam memerangi korupsi di level mana pun.

"Kejahatan korupsi diakui tidak hanya sebagai masalah yang sangat kompleks, meluas, namun juga bersifat sistemik. Fakta menunjukkan, seringkali korupsi tumbuh subur sebagai bagian dari masifnya kekuasaan ekonomi, hukum, dan politik, dan bahkan merupakan bagian dari sistem itu sendiri," katanya.

Perlu upaya indentifikasi sekaligus pemetaan yang komprehensif terhadap faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi untuk diformulasikan langkah-langkah perbaikan. Di samping itu, diperlukan juga upaya untuk memonitor setiap kebijakan guna melihat tingkat kerawanan akan potensi terjadinya praktik korupsi. Sehingga kedepannya, potensi tindak pidana korupsi dapat diantisipasi dan dicegah.

"Selain persoalan korupsi sistemik tersebut, dalam perkembangannya, terdapat beberapa persoalan penting yang harus kita waspadai bersama. Modus operandi untuk melakukan kejahatan korupsi saat ini yang sudah sedemikian canggih, karena telah memanfaatkan berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Acara dilanjutkan dengan mendatangi kantor pemkab setempat untuk pemasangan stiker anti korupsi dan pembagian kaos serta souvenir. Rombongan disambut Wakil Bupati Tanggamus AM Syafii dan para Kepala OPD di ruang rapat utama Kantor Bupati Tanggamus.

Menanggapi Amanat Kejaksaan Agung RI yang dibacakan oleh Kejari Tanggamus, Wakil Bupati AM Syafii berkomitmen serta mendukung upaya pemberantasan korupsi dengan meminta semua pihak pengguna anggaran negara bekerja sesuai regulasi yang berlaku.

"Kita akan evaluasi, secara reguler kan memang akan dilakukan pemeriksaan di akhir tahun. Dari sisi itu akan jelas seperti apa kegiatan-kegiatan di tahun 2019 ini. Insha Allah, ikhtiar itu sudah dilakukan, apa yang kita harapkan bisa tercapai," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Rusdi.

BACA JUGA: Polsek Cukuh Balak Tangkap DPO Kasus Pemerkosaan Polda Banten

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong