Logo Saibumi

Saibumi Goes To Aceh

Saibumi Goes To Aceh

Simpang Surabaya, salah satu street food yang ada di Banda Aceh. Foto : Putri Purnamasari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Banda Aceh - Ketika mendengar Aceh  jelas yang terlintas dibenak adalah kejadian luar biasa lima belas tahun silam. Tsunami hebat yang menelan ribuan korban jiwa dan kerugian material yang tak terhingga.  Desember 2004 silam  masyarakat Aceh merasakan bagaimana rasa kesedihan mendalam atas dahsyatnya gulungan ombak kala itu.

Kini Aceh mulai bangkit menjadi daerah yang jauh lebih maju mulai dari kondisi sosial maupun ekonomi, banyak hal positif yang dirasakan setelah terjadinya tsunami itu. Menurut pengakuan beberapa warga hal yang dirasakan sangat positif yakni bersatunya seluruh masyarakat aceh bahu membahu membangun Serambi Mekkah,  tak ada lagi terdengar konflik antar masyarakat yang dulunya santer terdengar.

BACA JUGA: Ribuan Ton Beras Bulog Tidak Layak Dikonsumsi Hewan, Apalagi Manusia

Tim Saibumi.Com berkesempatan mengunjungi Aceh, perjalanan dimulai , pesawat menerbangkan kami dari bandara Bandar Udara Internasional Radin Inten II menuju Bandara Sultan Iskandar Muda dengan transit di Soekarno Hatta Tangerang. Penerbangan dari Tangerang menuju Aceh ditempuh dalam waktu 3 jam dan 40 menit.

Hampir empat jam tim Saibumi berada di dalam pesawat hingga akhirnya pesawat mendarat dengan sempurna di Bandara Sultan Iskandar Muda. Kami langsung menuju penginapan yang jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari bandara.

Matahari sudah bersembunyi dibalik awan, perut sudah mulai keroncongan membuat kami akhirnya  memutuskan untuk berkeliling mencoba beberapa makanan yang menjadi ciri khas kota ini. Makanan pertama yang kami coba yakni sate matang, sate matang merupakan  sate daging sapi biasa dengan bumbu kacang yang membedakan yakni sate disajikan dengan kuah kaldu sapi yang rasanya sangat nikmat selain itu tak diragukan lagi jika aceh terkenal dengan kopinya kopi arabika gayo tentunya menjadi salah satu varian yang kini sudah mendunia.

Suasana di Simpang Surabaya ketika malam

Lima belas tahun Aceh bangkit kini bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke negeri serambi mekah sudah tak perlu khawatir lagi dengan konflik yang dahulu pernah ada. Suasana aman jelas sangat terasa tanpa adanya diskriminasi bagi minoritas lagi.

Laporan Reporter Saibumi.com, Putri Purnamasari.

BACA JUGA: Jokowi Tidak Hadiri Undangan KPK Peringati Hari Antikorupsi Sedunia

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong