Logo Saibumi

KPAI: Pemkab Tanggamus Harus Serius Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak

KPAI: Pemkab Tanggamus Harus Serius Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak

Ilustrasi.

Saibumi.com (SMSI Lampung), Tanggamus - Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang mencapai 30 kasus sepanjang 2019 di Kabupaten Tanggamus harus menjadi perhatian serius pihak pemkab setempat.

Mengingat perlindungan perempuan dan anak pasca otonomi daerah menjadi urusan wajib daerah. Apalagi, kasus tersebut didominasi kasus pencabulan dan kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur.

BACA JUGA: Polsek Cukuh Balak Tangkap DPO Kasus Pemerkosaan Polda Banten

Hal itu dijelaskan oleh Rita Pranawati, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) saat menangapi besarnya angka kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kabupaten Tanggamus, Minggu 8 Desember 2019.

"Saya masih sering menemukan bahwa Otda (Otonomi Daerah) tidak berpihak pada isu perempuan dan anak, contohnya, anggaran masih sangat kecil," ujarnya.

Rita menyebut harus ada perhatian serius dari pemkab untuk melakuakan upaya-upaya pencegahan agar kejadian tersebut tidak terus terulang.

"Bagaimana upaya pencegahan dilakukan jika perhatian saja tidak ada. Selain itu, penanganan terhadap kasus jika ada kejadian harus jelas alur dan mekanismenya," katanya.

Terkait kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan korban anak di bawah umur belakangan ini, Rita berharap Pemkab Tanggamus lebih gencar memberikan edukasi ke warga dengan sosialisasi ke pekon/desa.

"Harus ada upaya pencegahan dengan memberikan edukasi ke keluarga hingga desa dan juga di sekolah," tandasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Rusdi.

BACA JUGA: Kejari Tanggamus Cabang Talang Padang Musnahkan Barang Bukti 21 Perkara Periode April-November 2019

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong