Logo Saibumi

Termasuk Mengurangi Risiko Asma, Ini Lima Manfaat Jalan Kaki 15 Menit

Termasuk Mengurangi Risiko Asma, Ini Lima Manfaat Jalan Kaki 15 Menit

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Saat ini, dalam perkembangan zaman yang sangat pesat, membuat orang makin enggan jalan kaki.

Kebanyakan lebih memilih naik sepeda motor, meskipun hanya jarak dekat.

BACA JUGA: Ahli: BAB Sambil Jongkok Lebih Sehat daripada Duduk, Ini Penjelasannya

Padahal aktivitas fisik seperti jalan kaki sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Selain itu, berjalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, dilansir dari The Healthy dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 7 Desember 2019, jalan kaki selama 15 menit memberikan banyak manfaat lebih seperti pelepasan stres, dorongan kreativitas dan masih banyak lagi.

1. Kebahagiaan

Berjalan-jalan adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan suasana hati Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine pun telah membuktikan hubungan jalan kaki dengan tingkat kebahagiaan.

Hasilnya, partisipan yang rata-rata melakukan olahraga sedang selama 150 menit (seperti golf, tenis, kelas aerobik, berenang, atau menari baris) atau 200 menit berjalan setiap minggu melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi.

Ketika peneliti mengikuti setelah tiga tahun, ditemukan kesehatan emosi yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat.

2. Mengurangi risiko asma

Anda tidak perlu menghindari olahraga jika memiliki asma. Anda hanya perlu menemukan latihan yang tepat untuk penderita asma.

American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan bahwa berjalan, berenang, bermain golf dan bersepeda santai, kecil kemungkinannya untuk mengiritasi saluran udara Anda.

Secara umum, carilah aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam cuaca hangat dan tidak membutuhkan daya tahan yang signifikan.

3. Tidur nyenyak

Jalan cepat salah satu cara membuat tidur lebih nyenyak. Menurut Sleep Foundation, para peneliti telah menemukan orang yang berolahraga secara teratur, akan tertidur lebih cepat, lebih lama dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga keras seperti mengangkat beban.

4. Mengurangi stres

Biasanya orang memilih berenang untuk mengatasi stres. Tetapi, sains mengatakan berjalan kaki termasuk salah satu cara tercepat tercepat dan paling efektif untuk menenangkan diri.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki 10 menit sama efektifnya dengan latihan fisik 45 menit dalam hal mengurangi kecemasan dan depresi.

Itu karena bergerak membersihkan kortisol (hormon stres) keluar dari sistem Anda dan membantu menghentikan aliran kekhawatiran yang tak berkesudahan.

5. Mendorong kreativitas

Jalan kaki juga membuat kreativitas Anda lebih mengalir. Sebuah studi Universitas Stanford menemukan jika berjalan dapat meningkatkan hasil kreatif hingga 60 persen.

Hasil yang sama ditemukan untuk latihan di dalam dan luar ruangan serta dorongan kreativitas setelah berjalan sendiri.

Ayo jalan kaki!. (*/ruslan)

BACA JUGA: Jangan Diforsir, Ini Lima Tanda Tubuh Perlu Istirahat

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong