Logo Saibumi

Berdiri Sejak 1985, SLB Negeri Pringsewu Lampung Kekurangan Lahan

Berdiri Sejak 1985, SLB Negeri Pringsewu Lampung Kekurangan Lahan

Kepala SLB Negeri Pringsewu Kartana. Foto/Windi Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung) Pringsewu – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pringsewu adalah sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengenyam pendidikan.

Kepala SLB Negeri Pringsewu Kartana mengatakan SLB Negeri Pringsewu berawal dari SLB Inpres pada tahun 1985, yang beralamat di Jalan Makam KH. Ghalib, Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu, Pringsewu, Lampung.

Hingga saat ini telah mendidik siswa-siswi dari tingkat SDLB, SMPLB dan SMALB.

Sekolah ini merupakan pendidikan berkebutuhan khusus untuk siswa dengan gangguan belajar atau Tuna Grahita, gangguan penglihatan Tuna Netra dan gangguan pendengaran tuna rungu. Namun sangat disayangkan untuk fasilitas ruang kelas yang kurang.

“Karena memang lokasi tanah SLB Negeri Pringsewu sempit dan guru pendidik masih sangat jauh ketinggalan dari standar kegiatan belajar mengajar, hingga sekolah tak dapat menerima murid lebih banyak lagi,” kata Kartana, Rabu, 4 Desember 2019.

Untuk tahun ajaran 2019 ini kata dia, total murid SLB N Pringsewu ada 171, dengan perhitungan SDLB 98, SMPLB 43 dan SMALB 30 siswa. Dengan tenaga pengajar 14 guru ASN dan 20 guru honor. Untuk rasio normal itu 1 guru menangani 5 murid, namun kenyataan 1 guru dapat menangani 8 sampai 9 murid.

“Itu dikarenakan kurangnya ruang kelas karena lokasi tanah kita memang tidak cukup serta kurangnya tenaga guru,” ujarnya

Kartana mengatakan, dengan adanya beberapa kendala tersebut tak menyurutkan untuk tetap memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus ini.

“Tentu kami sangat berharap pada pemerintah untuk dapat memberikan dan melengkapi fasilitas yang kurang itu,” kata dia.

Ia juga menghimbau kepada orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus untuk jangan takut menyekolahkan anaknya di SLB.

“Biarpun di sini kekurangan lokasi atau kelas, ada alternatif lain yaitu ke sekolah sekolah inklusi yang lain,” pungkasnya.(*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Windi

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong