Logo Saibumi

15 UMKM Pekon Panutan Pringsewu Terima Bantuan Alat Rp98 Juta dari Dana Desa

15 UMKM Pekon Panutan Pringsewu Terima Bantuan Alat Rp98 Juta dari Dana Desa

Penyerahan bantuan kepada kelompok UMKM Pekon Panutan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Rabu 4 Desember 2019 di Balai Kemasyarakatan pekon setempat. Foto: Monica Monalisa/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Pringsewu - Sebanyak 15 kelompok UMKM Pekon Panutan, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu mendapatkan bantuan peralatan dan bahan yang bersumber dari dana desa 2019.

Acara pemberian bantuan dihadiri langsung Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemkab Pringsewu Andi Wijaya, Kepala Dinas PMD Maliyan Ayub, Camat Pagelaran, Kapolsek Pagelaran, Danramil Pagelaran, Kepala Pekon Panutan dan puluhan anggota kelompok UMKM Pekon Panutan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Rabu 4 Desember 2019 di Balai Kemasyarakatan pekon setempat.

Kepala Pekon Panutan Agustari mengatakan bantuan 15 kelompok UMKM bersumber dari dana desa bidang pemberdayaan masyarakat Pekon Panutan 2019 yang berjumlah Rp98.359.000.

"Lima belas kelompok tersebut di antaranya pengajian batu bata ada 2 kelompok, pengrajin kripik pisang dan singkong 3 kelompok, produksi makanan ringan 4 kelompok, kerajinan bambu 1 kelompok, pengelolaan sampah 1 kelompok dan pengrajin kopi 4 kelompok," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Pringsewu Maliyan Ayub dalam sambutannya mengatakan program ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah khususnya Pekon Panutan yang bersumber dari dana desa.

"Ini adalah yang pertama kali di Kabupaten Pringsewu dengan sumber dana desa, dengan bantuan alat alat kelompok UMKM bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya," ungkapnya.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemkab Pringsewu Andi Wijaya dalam arahannya mengatakan program pemberdayaan muncul berangkat dari potensi yang ada di pekon, bagaimana semua potensi desa bicara sesuai dengan menunya saat penyusunan APBDes.

"Ketika program ini muncul dari masyarakat otomatis masyarakat akan menjaganya dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Untuk itu tolong di jaga dan di kembangkan dengan cara melakukan pelatihan, " jelasnya.

Lanjutnya, pemerintah memberikan bantuan bukan sekedar memberikan bantuan tapi yang paling penting pengembangannya, tinggal bagaimana pendampingan sehingga bisa berkembang sehingga menjadi embrio usaha milik desa (Bumdes). (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Monica Monalisa.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong