Logo Saibumi

Santuy, Begini Cara Memulihkan Notifikasi yang Hilang di Android

Santuy, Begini Cara Memulihkan Notifikasi yang Hilang di Android

Foto: Ilustrasi/istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Notifikasi di perangkat Android hilang? Jangan buru-buru cemas/.

Para pengguna bisa memulihkan notifikasi yang kini tiada itu dengan cara menemukan riwayat notifikasi Android.

BACA JUGA: Kemkominfo: Penyebar Pornografi Langsung Didenda Rp 100 Juta!

Sebagai catatan, untuk perangkat dengan UI berbeda, seperti Samsung TouchWiz, pengguna bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dilansir dari Android Pit dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Selasa, 3 Desember 2019, berikut tips memulihkan notifikasi yang hilang di Android:

1. Cara mengakses riwayat notifikasi Android
Log notifikasi pertama kali diperkenalkan di Android 4.3 Jellybean dan masih dapat diakses dari Android Lollipop dan Android Pie.

Log notifikasi memungkinkan pengguna melihat notifikasi yang dihapus tetapi hanya dapat diakses melalui widget.

Pada sebagian besar perangkat Android, pengguna harus mengaktifkan Opsi Pengembang terlebih dahulu untuk membuka kunci widget dan melihat notifikasi yang hilang.

Untuk membuka kunci Opsi Pengembang, masuk Pengaturan > Telepon Anda > Tentang Telepon > kemudian ketuk nomor Build beberapa kali.

Setelah tiga atau empat ketukan, pengguna akan melihat pemberitahuan di layar yang menyebutkan bahwa sekarang pengguna adalah pengembang.

Selanjutnya, untuk memulihkan notifikasi yang hilang, ketuk ruang kosong di layar beranda selama beberapa detik hingga muncul kolom opsi > pilih Widget > geser ke kiri atau gulir ke bawah menu Widget hingga membuka widget pintasan Pengaturan.

Ketuk widget beberapa detik hingga layar beranda muncul lalu seret ke layar beranda pilihan pengguna. Pada menu pintasan Pengaturan yang muncul, gulir ke bawah dan ketuk Log Notifikasi.

Pintasan Log Notifikasi akan muncul di layar beranda dan pengguna akan memiliki akses ke riwayat notifikasi untuk melihat notifikasi yang terhapus.

2. Gunakan bantuan aplikasi
Salah satu aplikasi yang dapat membantu pengguna adalah Notification History Log yang dapat diunduh di Google Play Store.

Aplikasi ini dirancang untuk menyimpan log semua notifikasi.

Aplikasi lainnya adalah Nova Launcher yang juga tersedia di Google Play Store secara gratis.

Untuk melihat notifikasi yang hilang, pilih Activities pada Nova Launcher > Settings > Log Notification. (*/ruslan)

BACA JUGA: Ini Fitur Tersembunyi WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong