Logo Saibumi

(Audio) Ngeri! Begini Suara Jeritan Bumi saat Dihempas Badai Matahari

(Audio) Ngeri! Begini Suara Jeritan Bumi saat Dihempas Badai Matahari

Bumi mengeluarkan suara saat dihempas badai Matahari. Ilustrasi Bumi terlihat dari luar angkasa. | Foto: Shutterstock

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Para ilmuwan dari Universitas Helsinki di Finlandia mengubah aktivitas elektromagnetik menjadi suara, saat Bumi terkena badai Matahari.

Demikian diwartakan Science Alert pekan ini, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Jumat, 29 November 2019.

BACA JUGA: (Unboxing) Asus ROG Phone II Meluncur di Jakarta 5 Desember 2019, Gercap!

Suara tersebut dihasilkan oleh magnetosfer yang melindungi manusia dari radiasi angin Matahari. Jika semakin kuat angin Matahari berhembus, maka semakin nyaring suara magnetosfer terdengar.

Saat partikel bermuatan listrik dari angin Matahari menghantam magnetosfer, sebagian partikel tersebut dipantulkan kembali oleh medan magnet ke Matahari.

Pantulan ini kemudian bertabrakan kembali dengan angin Matahari yang masih berhembus dan menghasilkan ketidakstabilan dalam plasma, hingga menghasilkan gelombang magnetoacoustic.

Para ilmuwan lalu menerjemahkan gelombang magnetoacoustic menjadi suara untuk memahami dinamika interaksi antara angin Matahari dengan magnetosfer.

Rekaman suara tersebut diunggah pada ilmuwan ke YouTube pada 18 November 2019.

Saat cuaca normal, magnetosfer menghasilkan gelombang frekuensi rendah. Tetapi saat badai Matahari terjadi, tekanan angin Matahari yang mendorong frekuensi gelombang menjadi jauh lebih tinggi.

Saat ini, tim peneliti sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana gelombang kompleks ini dihasilkan.

Penelitian ini telah dipublikasi dalam jurnal Geophysical Research Letters. (*/ruslan)

BACA JUGA: Aplikasi di Ponsel Anda Mendadak Berhenti? Begini Cara Perbaikinya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong