Logo Saibumi

Anggota BUMN Harus Keluar dari Parpol, Emil Salim: Harusnya Kabinet juga

Anggota BUMN Harus Keluar dari Parpol, Emil Salim: Harusnya Kabinet juga

Eml Salim | Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Mantan menteri yang juga ahli ekonomi dan cendekiawan Emil Salim menyinggung perihal posisi partai dalam kabinet kerja pemerintahan.

Sama halnya seperti BUMN, seharusnya anggota kabinet keluar dari partai politik.

Hal tersebut disampaikan Emil melalui akun Twitter miliknya @emilsalim2010.

Awalnya, Emil Salim mencontohkan anggota komisaris hingga direksi BUMN yang tak boleh terlibat dalam partai politik.

"Anggota Komisaris dan Direksi BUMN harus keluar dari Partai Politik untuk menghindari perbenturan kepentingan partai dengan fungsinya dalam BUMN," cuit Emil seperti dikutip Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 25 November 2019.

Dengan adanya aturan tersebut, menurut Emil, seharusnya aturan tersebut juga berlaku untuk para anggota kabinet kerja.

Pasalnya, para anggota kabinet juga harus menjaga loyalitas dalam menjalankan tugasnya untuk negara. Tidak berada di bawah kendali partai politiknya.

"Suatu logika yang seyogianya juga berlaku bagi anggota kabinet yang loyalitas kepada Negara harus diatas Partai," ungkap Emil.

Namun, hal itu justru tidak terjadi. Para anggota kabinet masih tergabung dalam partai politik, bahkan mereka memiliki jabatan strategis di partai.

Salah satunya adalah Menteri Perindustrian yang kini menjadi Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong