Logo Saibumi

HKTI Lambar Gelar Seminar Pertanian, Ketua: Anak Muda Harus Support Petani

HKTI Lambar Gelar Seminar Pertanian, Ketua: Anak Muda Harus Support Petani

Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, Bupati Parosil Mabsus dan sejumlah narasumber, saat Seminar Pertanian | Foto: Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung) Lampung Barat - Sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi dan kecintaan pmuda tehadap petani di Lampung Barat (Lambar), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kabupaten setempat menggelar seminar pertanian, Minggu, 17 November 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Kampung Kopi Rigis Jaya itu bertajuk 'Bersama Petani Muda menuju Lampung Barat Hebat'.

Hadir para narasumber yaitu Ketua Jurusan FP Universitas Lampung Dr. Ir. Teguh Endaryanto, M.S, Kepala Seksi Program Balai Penyuluh Pertanian Lampung Peri Setiawan, S.p, MM, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Barat Yedi Ruhyedi, SP dan Komunitas Hidroponik Manggarai Siswoyo.

Ketua HKTI Lampung Barat, Edi Novial, S.Kom, mengatakan, diselengarakannya kegiatan ini untuk menciptakan petani-petani milenial di kabuapten tersebut.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan muncul petani-petani muda yang mempunyai kemampuan unggul, untuk memajukan petani di Lambar, khususnya petani kopi," ujar Edi Novial, yang juga ketua DPRD Lampung Barat itu.

Dijelaskan, perkembangan pertanian dan perkebunan di Lampung Barat perlu mendapat support dari anak-anak muda.

Pihaknya berkeyakinan dengan keterlibatan anak muda, petani Lampung Barat ke depan akan lebih maju dan berkembang.

"Saya optimis, di tangan pemuda, pertanian dan perkebunan Lambar akan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Provinsi Lampung, bahkan nasional," kata Edi Noval.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, mengatakan, seminar petani muda yang digelar HKTI merupakan terobosan yang luar biasa dan belum pernah dilakukan di Lambar.

"Harus kita akui bahwa minat masyarakat untuk bertani di Lambar dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya akan memacu semangat masyarakat untuk bertani, khususnya anak muda," ujarnya.

Bupati juga mengatakan sebagai masyrakat Lampung Barat sudah seharusnya kita bangga sebagai petani, Itu karena orang-orang sukses yang berasal dari Lambar merupakan anak petani, termasuk dirinya.

"Buat anak-anakku, jangan malu jadi petani. Banyak orang sukses berasal dari petani. Yang pidato ini juga petani," kata Parosil.

Bupati berharap dengan adanya seminar bersama petani muda menuju Lampung Barat Hebat, akan tercipta pemuda-pemuda inovatif dalam mengembangakan potensi pertanian dan perkebunan di Lambar.

"Kita ini lumbungnya pertanian dan perkebunan. Seharusnya kita lebih termotivasi untuk menguasi bidang tersebut. Jangan malu jadi petani," imbau Parosil. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Edi Saputra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong