Logo Saibumi

Fakta Terbaru, Rokok Elektrik Lebih Buruk dari Rokok Biasa

Fakta Terbaru, Rokok Elektrik Lebih Buruk dari Rokok Biasa

Rokok Vape | Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Rokok elektrik atau yang selama ini dikenal dengan vape, dianggap lebih aman dari rokok biasa.

Namun, studi terbaru justru menemukan fakta sebaliknya.

Dilansir dari People.com dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 16 November 2019, dua penelitian baru telah muncul, yang menunjukkan hubungan meresahkan antara penggunaan rokok elektronik dan kesehatan jantung.

Hasil penelitian menunjukkan, kolesterol dan aliran darah integral dipengaruhi oleh vaping, dan bahkan lebih dari rokok biasa.

Penelitian kecil tersebut mengobservasi 19 perokok antara usia 24 dan 32 tahun.

Dr. Florian Rader selaku pemimpin peneliti dan tim menemukan adanya sesuatu yang salah dengan regulasi aliran darah pada perokok, terlebih pengguna rokok elektrik seperti vape.

Aliran darah pada peserta yang merokok secara teratur dengan rokok biasa, mampu kembali ke proses normal setelah berolahraga. Namun hal itu tidak terjadi pada pengguna rokok elektrik.

"Produk-produk ini dipasarkan sebagai alternatif yang sehat, namun kami melihat semakin banyak bukti bahwa mereka jelas tidak sehat," ujar Dr. Florian.

Terlepas dari temuan yang mengkhawatirkan ini, ia mencatat ketika sampai pada efek jangka panjang di tubuh, masih ada banyak hal yang belum diketahui tentang rokok elektronik.

"Perlu waktu bagi kami untuk memahami bagaimana rokok elektrik mempengaruhi kesehatan jantung Anda," jelas Dr. Florian. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong