Logo Saibumi

Ini Tiga Cara Menampilkan Kata Sandi di Browser

Ini Tiga Cara Menampilkan Kata Sandi di Browser

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Browser selalu menyembunyikan kata sandi dengan tanda bintang (***) atau dots, untuk memastikan tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

Tapi, terkadang pengguna ingin kata sandi bisa terlihat.

Dilansir laman Make Tech Easier dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 16 November 2019, ada beberapa cara untuk menampilkan kata sandi di browser dengan mudah. Pengguna bahkan bisa menyalinnya.

Berikut ini tiga cara untuk menampilkan kata sandi:

1. Buka kata sandi tersimpan di Chrome

Setelah pengguna memasukkan kata sandi di situs web tertentu satu kali, pengguna akan mendapatkan opsi agar Chrome bisa menyimpannya dalam daftar kata sandi.

Pengguna bisa membuka pengaturan Chrome dan melihat semua kata sandi tersimpan yang tercantum di sana.

Untuk melakukannya, klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas Chrome, lalu klik Pengaturan > klik Kata Sandi untuk melihat daftar kata sandi yang tersimpan.

Kemudian temukan situs yang ingin pengguna ungkapkan kata sandi, lalu klik ikon mata di sebelah kanan kolom kata sandi. Selanjutnya, masukkan kata sandi di pop-up window.

2. Buka kata sandi dari opsi pengembang

Jika pengguna ingin menampilkan kata sandi tanpa memerlukan utilitas pihak ketiga, maka pengguna harus melakukan beberapa pengeditan pada skrip halaman.

Saat pengguna menemukan halaman kata sandi, klik kanan dan pilih Inspect Element.

Alat pengembang Inspect Element akan terbuka dan pengguna akan melihat beberapa string teks yang rumit.

Pengguna perlu mencari baris yang dimulai dengan <input type="password." Setelah menemukannya, klik dua kali pada type="password" untuk mengeditnya dan ganti "password" dengan "text." Hingga berubah menjadi <input type = "text."

Tutup halaman Inspect Element dan kata sandi akan ditampilkan. Pengguna dapat dengan mudah mengedit atau menyalin kata sandi.

3. Gunakan ekstensi pihak ketiga

Ada banyak ekstensi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna dapat menampilkan kata sandi secara otomatis atau hanya mengklik tombol.

Beberapa ekstensi pihak ketiga yang bisa digunakan adalah Show Password fo Chrome, Show/hide passwords for Firefox, dan Show Password for Opera. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong