Logo Saibumi

Serunya Bermain dengan Monyet di Pulau Kembang Barito

Serunya Bermain dengan Monyet di Pulau Kembang Barito

Salah satu wisatawan dari Bandar Lampung berfoto di Taman Kembang Barito, Kalimantan Selatan. Foto: Putri Purnamasari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Kalimantan Selatan - Pulau Kembang adalah pulau di delta Sungai Barito yang termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Letaknya di sebelah barat Kota Banjarmasin.

Pulau Kembang seluas 60 hektare ini ditetapkan sebagai hutan wisata berdasarkan SK. Menteri Pertanian No.788/KPTSUM12/1976.

Pulau Kembang merupakan habitat bagi kera ekor panjang (monyet), banyaknya populasi monyet di sana menjadikan Pulau Kembang sebagai salah satu wisata unik yang dimiliki Kalimantan Selatan.

Untuk menuju Pulau Kembang, tersedia angkutan sungai atau kelotok wisata yang berangkat dari dermaga Taman Siring di Jalan Sudirman, Banjarmasin. Dermaga ini terletak di Sungai Martapura.

Perjalanan menuju Pulau Kembang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30-40 menit dengan menyusuri Sungai Martapura, Sungai Antasari dan Sungai Barito.

Selama perjalanan, terlihat di kanan-kiri sungai rumah apung tempat tinggal warga Banjarmasin. Sesekali terlihat beberapa warga yang sedang mandi dan mencuci pakaian di bagian depan atau belakang rumahnya.

Sesampainya di Pulau Kembang, kelotok tim Saibumi.com langsung diserbu oleh puluhan monyet. Buah-buahan yang kami beli dari pasar apung menjadi sasaran mereka.

Menurut Rohiniah, salah satu pemandu wisata hutan bakau di sana, Pulau Kembang merupakan habitat asli para monyet. Ada ratusan monyet di dalam pulau ini yang jumlahnya bertambah setiap tahun.

“Hati-hati monyet di sini suka mengambil topi dan hape, mending semuanya dimasukan tas,” jelasnya sebelum mulai memandu di hutan bakau.

Ada sensasi menegangkan dan menyenangkan saat menyusuri hutan bakau, ada beberapa monyet yang mencoba merebut topi milik pengunjung. Selain itu banyak sekali anak-anak monyet yang sepertinya baru dilahirkan, sangat lucu.

Untuk memasuki kawasan wisata Pulau Kembang, pengunjung diwajibkan membeli tiket seharga Rp5 ribu per orang. Di sana juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan untuk dibagikan pada monyet. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Putri Purnamasari.

BACA JUGA: Bifaz Cafe Sajikan Hiburan Tembang Kenangan Era 70-an

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong