Logo Saibumi

Luncurkan e-Signature, Layanan Perizinan Jadi Lebih Cepat

Luncurkan e-Signature, Layanan Perizinan Jadi Lebih Cepat

Peluncuran e-Signature di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandar Lampung. Foto: Siska Purnama Sari/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Bandar Lampung - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandar Lampung meluncurkan program tanda tangan elektronik (e-signature), Selasa, 12 November 2019.

E-signature berkaitan dengan percepatan pelayanan perizinan dan menjamin keaslian dokumen.
Kepala DPMPTSP Kota Bandar Lampung, Fachrudin mengatakan, pihaknya terus melakukan optimalisasi pelayanan di bidang perizinan dan nonperizinan dengan penerapan e-signature.

Menurutnya, dengan adanya e-signature pelayana pembuatan izin akan lebih efisien dari segi waktu.

“Sudah pasti lebih cepat dari sebelumnya, karena dengan e-signature di mana pun saya berada bisa menandatangani dokumen perizinan jika memang sudah lengkap semua persyaratannya,” ungkap Fachrudin.

Sedangkan, lanjutnya, sebelum diluncurkan e-signature, tandatangan harus dilakukan di kantor. Maka dengan peluncuran program baru ini otomatis pelayanan akan semakin cepat, dan ketika ada yang datang mengurus izin bisa langsung segera ditandatangani.

"Jadi sekarang dimana pun saya, bisa menandatangani dokumen perizinan tidak harus menunggu ke kantor. Tentunya dengan demikian pelayanan lebih cepat," ujar dia.

Selain itu, dengan e-signature DPMPTSP lebih menjamin keaslian dokumen perizinan  khususnya tandatangan.

"Karena e-signature terintegrasi dengan BPPT sehingga keaslian dokumen perizinan lebih terjamin," terangnya.

Kendati demikian, untuk sementara, e-signature hanya untuk legalisasi dokumen perizinan di tataran kepala dinas.

“Sementara baru di saya, tapi untuk selanjutnya kita proses sertifikasi e-signature di tataran kasi dan kabid,” tandasnya.

Ia memberitahukan, bahwa kota Bandar Lampung relatif lebih cepat mendapatkan sertifikasi e-signature dari Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) pusat.

“Kepala BPPT dan Walikota Bandar Lampung menandatangani kerjasama pada tanggal 27 Agustus lalu. Nah, hari ini tanggal 12 November e-signature kita sudah launching. Sementara daerah lain membutuhkan waktu cukup lama, bisa di cek,” pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Komisi III DPRD Bandar Lampung Ajukan Evaluasi Ulang Pembangunan Flyover dan Underpass 2020

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong