Logo Saibumi

Pemkab Pringsewu Entaskan 46,9 Hektare Kawasan Kumuh Melalui Program Kotaku

Pemkab Pringsewu Entaskan 46,9 Hektare Kawasan Kumuh Melalui Program Kotaku

Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Pringsewu 2019 di Hotel Regency, Senin, 11 November 2019. Foto: Windi Safitri/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Pringsewu - Pemkab Pringsewu tengah mengejar target pengentasan wilayah kumuh melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Muhammad Ridwan Koordinator Kota Program Kotaku Kabupaten Pringsewu menjelaskan luasan kumuh yang harus ditangani di Kabupaten Pringsewu adalah 46,9 hektare berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pringsewu perihal Penetapan Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh Nomor: B/300/KPTS/LT.02/2014 yang ditetapkan pada 18 Oktober 2014.

BACA JUGA: GMBI Usut Tuntas Dugaan Korupsi Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai di Pringsewu

Luas kawasan kumuh tersebut tersebar di Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu Timur, Pringsewu Utara, Pringsewu Selatan di Kecamatan Pringsewu. Kemudian Pekon Jati Agung di Kecamatan Ambarawa, Pekon Gumukrejo di Kecamatan Gumukrejo dan Pekon Banyumas di Kecamatan Banyumas.

"Sementara Program Kotaku hanya dilaksanakan di lima lokasi, yakni Kelurahan Pringsewu Utara, Pringsewu Selatan, Pringsewu Timur dan Pringsewu Barat di Kecamatan Pringsewu. Kemudian Pekon Jati Agung di Kecamatan Ambarawa dengan total luasan kumuh 33,9 hektare," ujarnya saat lokakarya Kotaku di Hotel Regency, Senin, 11 November 2019.

Ia memaparkan, Program Kotaku di Pringsewu sudah berjalan tiga tahun sejak 2017. Terdapat 25 RT delineasi kumuh yang dintervensi. Sampai akhir Desember 2018, secara numerik tersisa luasan kumuh di wilayah dampingan Kotaku Pringsewu sebesar 7,23 hektare.

Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) melalui Program Kotaku di Pringsewu 2019 mencapai Rp4,5 miliar. BPM tersebut dialokasikan untuk empat kelurahan/pekon dengan rincian, Pringsewu Utara Rp1,5 miliar, Pringsewu Selatan Rp1 miliar, Pringsewu Timur Rp1 miliar dan Pekon Jati Agung di Kecamatan Ambarawa Rp1 miliar.

"Pada September 2019, Kabupaten Pringsewu menyabet penghargaan peringkat ke-3 kategori kabupaten terbaik wilayah 1 di Regional Sumatera untuk pelaksanaan Program Kotaku, tepatnya dalam dukungan penyelenggaraan program oleh pemda di skala kawasan, penyerapan BPM, kolaborasi, inovasi dan pengurangan luasan kumuh," bebernya.

Acara yang di hadiri Asisten II Pemkab Pringsewu Johndrawadi, Kadis PUPR Kabupaten Andi Purwanto, Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Relawan, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Imam S dan para lurah, serta peserta lokakarya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Windi Safitri.

BACA JUGA: Semangat Mbah Dirun, Tetap Mencari Nafkah di Usia Senja

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong