Logo Saibumi

2020, Masyarakat Tinggal Tekan 112 untuk Akses Layanan Halo Walikota, BPBD dan Ambulance Gratis

2020, Masyarakat Tinggal Tekan 112 untuk Akses Layanan Halo Walikota, BPBD dan Ambulance Gratis

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung), Bandar Lampung - Tahun 2020 mendatang layanan call center Halo Walikota, BPBD dan Ambulance Gratis akan mudah diakses seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung.

Masyarakat hanya perlu menekan 112 saja, pengaduan akan segera ditangapi karena langsung terkoneksi dan terintegrasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandar Lampung

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Bandar Lampung Ahmad Nurizki, mengatakan perencanaan command dan call center itu tidak lain dengan adanya program Smart City (Kota Pintar) Bandar Lampung yang di mulai sejak pertengahan tahun 2019 lalu.

"Mungkin cukup menekan telpon 112 atau mungkin nomor lain yang nantinya ditetapkan kita sediakan dan suatu layanan kepada masyarakat cukup satu call center saja bisa terkoneksi dengan Halo Walikota, BPBD dan Ambulance Gratis," katanya beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, lanjut Rizki, Diskominfo saat ini tengah menyusun keperluan fisik sebagai penunjang terwujudnya Smart City Bandar Lampung, yang juga bertujuan untuk meningkatkan adanya keterbukaan publik akan informasi dari seluruh pemerintah setempat.

"Saat ini Diskominfo sudah melakukan program pendahuluan terkait Smart City Bandar Lampung. Dari sisi perencanaan, dalam rangka implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik," ujarnya.

Diutarakannya bahwa, hal tersebut merupakan keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) di bawah pimpinan Walikota Herman HN dalam rangka keterbukaan informasi publik.

"Bahwa Diskominfo tahun ini telah melaksanakan pemasangan jaringan fiber optic dilingkup sekretariat Kota Bandar Lampung," imbuhnya.

Masih dalam tahun 2019, lanjutnya, fasilitas penujang lainnya yang akan disuguhkan untuk program itu yakni, ruang server atau data center yang mana server setiap OPD dapat terintegrasi di Diskominfo.

"Berdasarkan arahan Pak Walikota dan Pak Sekda, nanti semua akan terkoneksi dan terintegrasi dinaungan Diskominfo. Insya Allah di tahun 2020 juga, akan dibuatkan data center dan command center," jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya, bahwa command center tersebut akan menjadi pusat komando, yang mana seluruh kegiatan pemerintahan mulai dari tingkat OPD sampai kelurahan akan terpapar secara jelas dan terinci.

"Di command center ini juga akan terdapat teleconference sehingga dari OPD bisa berkoordinasi secara langsung dengan kecamatan tanpa berbatas waktu, bahkan sampai kelurahan," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong