Logo Saibumi

Termasuk Tertawa Keras, Ini Enam Cara Mengurangi Stres Mental

Termasuk Tertawa Keras, Ini Enam Cara Mengurangi Stres Mental

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Stres mental adalah respons tubuh yang timbul dari suatu situasi atau peristiwa kehidupan.

Ini bervariasi dari orang ke orang dan berbeda dari interaksi sosial, lingkungan, dan genetika.

Banyak hal yang dirasakan untuk menjadi stres, seperti kehilangan orang yang dicintai, kesulitan dalam keuangan, kehilangan pekerjaan, hingga perceraian, adalah penyebab utama stres menurut survei.

Selama situasi stres ini, Anda bisa mudah tersinggung, kesal, dan terancam, yang justru dapat menuntun Anda pada cara berperilaku, perubahan emosional dan melakukan hal yang aneh.

Selain itu, hal ini memiliki efek besar dalam membangun hubungan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dilansir dari Themindsjournal dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 2 November 2019, berikut enam hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres mental.

1. Berolahraga teratur

Olahraga harus menjadi bagian dari daftar manajemen stres Anda. Aktivitas fisik menghasilkan endorfin yang meningkatkan rasa kesejahteraan dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dokter selalu mendorong pasien untuk tetap aktif secara fisik. Semakin banyak orang yang aktif secara fisik, semakin besar perasaan antusiasme.

Ketika stres memengaruhi otak Anda, seluruh tubuh Anda pada akhirnya akan melakukannya. Olahraga mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi mental, dan menstabilkan suasana hati Anda.

Segala bentuk aktivitas fisik dapat membantu Anda mengurangi stres.

2. Tertawa keras

Tertawa secara universal dikenal sebagai obat terbaik. Terapi tawa merilekskan otot-otot dan dapat membantu menurunkan tingkat depresi dan kecemasan Anda. Ketika kita tersenyum, otak kita melepaskan dopamin yang meningkatkan perasaan kondisi mental positif dan ini sangat terlihat efeknya.

Pikiran negatif dapat memengaruhi tubuh dengan membawa lebih banyak stres dan mengurangi kekebalan tubuh dan bisa menjadikan Anda sakit.

Tetapi, jika Anda mengubah kualitas pikiran Anda, Anda akan merasakan perubahan dalam perilaku Anda. Bagikan senyum, dan dunia akan membalasmu.

3. Makan makanan sehat

Makan jenis makanan yang tepat adalah bagian penting dari gaya hidup kita. Studi menunjukkan bahwa kebiasaan makan mempengaruhi suasana hati kita. Buat rencana makan. Cobalah untuk menghindari makanan manis dan olahan.

Telah terbukti bahwa biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran segar, dan ikan baik dalam mengurangi stres, membantu membangun tingkat energi yang lebih tinggi dan kewaspadaan mental yang lebih tajam. Kurangi asupan kafein, alkohol, dan nikotin sebanyak mungkin.

Gantilah dengan teh saja. Teh hijau mengandung antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan. Baik juga untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda yang membantu melawan kecemasan dan depresi Anda.

4. Berlatihlah mengatakan TIDAK

Selalu mengatakan YA mungkin berakhir dengan lebih banyak tekanan dan kekecewaan. Belajar katakan TIDAK dan Anda harus mengerti prioritas dan kebutuhan yang memang dibutuhkan untuk Anda penuhi.

5. Istirahat yang cukup

Tidur adalah penghilang stres yang kuat. Memiliki rutinitas tidur yang teratur menenangkan dan memulihkan tubuh, meningkatkan konsentrasi, suasana hati, penilaian dan pengambilan keputusan, dan memori yang lebih tajam.

Sebaliknya, kurang tidur mengurangi energi Anda, lebih reaktif, lebih impulsif, dan lebih sensitif. Gangguan tidur dapat memicu tingkat stres yang lebih tinggi yang dapat mempengaruhi kinerja Anda dan menciptakan kesulitan dalam hubungan.

6. Perlakukan diri Anda

Nikmati hidup Anda karena Anda pantas bahagia. Jangan terlalu keras untuk dirimu sendiri. Lakukan hal-hal yang Anda sukai.

Anda dapat memanjakan diri dengan banyak cara seperti pergi ke bioskop untuk menonton film, mencoba petualangan baru, pergi ke pantai, berkebun, olahraga, pergi ke spa dan salon, bermain musik, memasak makanan favorit dan meningkatkan keterampilan baru.

Semua itu berkontribusi untuk mencapai pikiran yang tenang dan kebugaran fisik. Bonusnya, Anda bisa mengenal lebih banyak dan merangkul diri sendiri. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong