Logo Saibumi

Tidak Sarapan Bisa Sebabkan Terbentuknya Batu Empedu? Simak

Tidak Sarapan Bisa Sebabkan Terbentuknya Batu Empedu? Simak

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Batu empedu yang terbentuk di kantong empedu merupakan kristal kecil yang umumnya terbuat dari kolesterol.

Berdasarkan NHS Inggris, orang yang kelebihan berat badan dan berusia lebih dari 40 tahun, terutama wanita, lebih mungkin menderita batu empedu.

Seorang dokter bernama Quan Quanwei, yang pernah melakukan operasi batu empedu, mengatakan banyak pasiennya yang menderita batu empedu sering melewatkan sarapan atau mempercepat sarapan mereka.

Berdasarkan Dr Quan, ketika seseorang tidak sarapan, kantong empedunya akan berhenti menyusut atau berkembang, dilansir dari Nzherald.co.nz dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Jumat, 1 November 2019.

Hal ini dapat menyebabkan empedu menumpuk di kantong empedu, menyebabkan kadar kolesterol dan kalsium tinggi, katanya.

Namun, para ahli di Inggris memiliki pendapat yang berbeda.

Wakil Presiden British Society of Gastroenterology, Dr. George Webster, mengatakan kebiasaan makan tertentu sebagai penyebab batu empedu atau batu hati adalah spekulasi murni tanpa dasar bukti ilmiah untuk mendukungnya.

Dr Webster mengungkapkan, batu di kantong empedu serta saluran di hati adalah masalah umum di seluruh dunia, tetapi penyebabnya sering tidak jelas.

Hal ini juga disebutkan NCH Healthcare System, penyebab pembentukan batu empedu tidak jelas. Namun, beberapa dokter berpikir batu empedu dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:

Empedu mengandung terlalu banyak kolesterol

Biasanya, empedu mengandung bahan kimia yang cukup untuk melarutkan kolesterol yang dikeluarkan oleh hati.

Namun jika hati Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada yang bisa dilarutkan oleh empedu, kelebihan kolesterol bisa terbentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu.

Empedu mengandung terlalu banyak bilirubin

Bilirubin adalah bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh Anda memecah sel darah merah.

Kondisi tertentu menyebabkan hati membuat bilirubin terlalu banyak, termasuk sirosis hati, infeksi saluran empedu dan gangguan darah tertentu.

Kantung empedu tidak kosong secara benar

Jika kantong empedu Anda tidak kosong sepenuhnya atau cukup sering, empedu dapat menjadi sangat terkonsentrasi, berkontribusi pada pembentukan batu empedu. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong