Logo Saibumi

Menteri Agama Fachrul Razi Larang Pemakaian Cadar di Instansi Pemerintah

Menteri Agama Fachrul Razi Larang Pemakaian Cadar di Instansi Pemerintah

Fachrul Razi | Foto: Suara.com

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melarang penggunaaan cadar di instansi pemerintahan.

Dia menyebut tidak ada dasar hukum yang kuat dalam kitab suci Al Qur'an dan Hadits terkait aturan penggunaan cadar.

"Cadar itu tidak ada dasar hukumnya di Al Qur'an maupun Hadits dalam pandangan kami," ujar Fachrul, di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.

Menag memang mempersilakan jika ada wanita yang menggunakan cadar. Namun, bekas Wakil Panglima TNI itu melarang penggunaaan cadar di instansi pemerintahan. 

Fachrul juga menilai penggunaan cadar bukan merupakan tolok ukur ketaqwaan seseorang.

"Tapi, kalau orang mau pakai silakan dan itu bukan ukuran ketakwaan orang. Bukan berarti kalau (orang) sudah pakai cadar takwanya tinggi. Sudah dekat dengan Tuhan, silakan saja," kata Fachrul, dilansir Suara.com -- jaringan Saibumi.com.

Terkait rencana aturan pelarangan penggunaan cadar di lingkungan pemerintahan, Fachrul mencontohkan akan ada aturan mengenai pelepasan atribut seperti helm, saat memasuki instansi pemerintahan.

Aturan itu bakal diterapkan dengan klaim untuk menciptakan keamanan.

"Tapi saya dengar akan ada keluar aturan tentang yang instansi pemerintah, termasuk instansi pemerintah tidak boleh pakai helm. Buka (helm), harus kelihatan jelas (saat masuk instansi pemerintah). Saya kira betul untuk keamanan. Kalau ada orang bertamu ke saya, enggak tunjukkin muka, enggak mau saya. Keluar anda," kata menag.

Ketika disinggung apakah rencana aturan larangan penggunaan cadar di instansi, sudah melalui kajian, Fachrul mengatakan Kementerian Agama sepakat penggunaan cadar bukan ukuran dari ketakwaan seseorang

"Semua samakan sikap, tidak ada aturan (menggunakan cadar) dan bukan ukuran ketaqwaan," kata dia. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong