Logo Saibumi

Prabowo Diklaim Bisa Masuk Amerika, Guru Besar UI: Jabatan Resmi Bukan Jaminan

Prabowo Diklaim Bisa Masuk Amerika, Guru Besar UI: Jabatan Resmi Bukan Jaminan

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, saat menginspeksi pasukan saat upacara penyambutan militer di Kementerian Perhatanan, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019. | Foto: Suara.com

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Prabowo Subianto diklaim Partai Gerindra sudah bisa berkunjung ke Amerika Serikat.

Hal ini menyusul jabatannya yang kini sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

BACA JUGA: Abaikan Rasisme, Kunjungan Jokowi ke Papua Tidak Bermanfaat, Hanya Pencitraan

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana, menyarankan agar Prabowo melakukan komunikasi Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Tujuan komunikasi ini untuk memastikan tidak ada penolakan terhadap kunjungan pak menhan nantinya dan tidak mengundang kehebohan publik di Indonesia, yang akan mempengaruhi hubungan kedua negara,” kata dia, melalui pesan tertulis yang diterima Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Rabu, 30 Oktober 2019.

Penolakan pejabat negara Indonesia ke Amerika Serikat pun pernah terjadi, yaitu Gatot Nurmantyo yang saat itu menjabat sebagai Panglima TNI.

Bahkan, Gatot yang mendapat undangan resmi dari pihak AS, namun ditolak masuk.

"Jadi ini sangat bergantung pada kebijakan pemerintah AS. Ini merupakan kedaulatan AS yang tidak dapat diganggu gugat, sekalipun ada gugatan ke pemerintahan AS. Intinya, jabatan resmi bukan jaminan bisa masuk ke AS," ujar Hikmahanto.

"Menhan Prabowo diperbolehkan masuk ke AS bukan berarti ia tidak akan dipanggil menghadap pengadilan AS bila ada gugatan perdata dari pihak-pihak yang dirugikan saat ia menjabat di lingkungan militer," tambah dia.

Hikmahanto menjelaskan, alasan ini salah satunya karena pemerintahan di AS berganti dari Partai Demokrat ke Partai Republik. Partai Demokrat sangat mengedepankan HAM, namun tidak demikian dengan Partai Republik.

"Beda halnya dengan Partai Republik akan membolehkan warga asing yang memiliki kedudukan sepanjang mereka mempunyai komitmen untuk menjaga kepentingan AS di negaranya, termasuk dalam memerangi terorisme," jelas Hikmahanto. (*/ruslan)

BACA JUGA: Lowongan Kerja CPNS 2019 Dibuka November, Ini Formasi Lengkapnya

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong