Logo Saibumi

Kunjungi Lampung Timur, Investor Cina-Eropa Lirik Pertenakan Ayam dan Babi

Kunjungi Lampung Timur, Investor Cina-Eropa Lirik Pertenakan Ayam dan Babi

Delegasi investor didampingi Tim Kemenko Kemaritiman dan Pemprov Lampung berdialog dengan Robert Irawan, pengusaha babi di Sekampungudik, Lamtim, Rabu 23 Oktober 2019.

Saibumi.com (SMSI Lampung) Lampung Timur – Investor Cina dan Eropa mengunjungi dua perternakan di Lampung Timur, Rabu, 23 Oktober 2019.

Investor Cina dan Eropa didampingi oleh tim Kemenko Kemaritiman, Dinas Perkebunan dan Pertenakan Lampung, Dinas PMPTSP, Bappeda dan Biro Umum.

BACA JUGA: Polsek Sukoharjo Tangkap Spesialis Pencuri Motor di Pesawahan dan Perkebunan

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung, Edi Yanto. Edi Yanto mengatakan, para rombongan meninjau lokasi Sekuntum Herbal Farm milik Coesno Waluyo di Waybungur. Mereka melihat kondisi usaha telur herbal milik Coesno Waluyo.

“Sebenarnya mereka mencari usaha ayam pedaging karena untuk kebutuhan di negara mereka,” kata dia kepada Saibumi.com.

Kemudian, rombongan mengunjungi usaha ternak babi milik Robert Irawan, warga Desa Gunungpasir Jaya, Kecamatan Sekampungudik.

“Kalau dari investor sangat cocok dengan usaha ternak babi, karena memang proses pertenakan hingga limbahnya sudah diproses dengan baik dan jauh dari lingkungan penduduk,” ungkapnya.

Robert Irawan, pengusaha ternak babi mengatakan, lahan usahanya seluas 2 hektare. Dia menyatakan, latar belakang menggeluti usaha ini karena dekat Jakarta dengan jumlah konsumen paling besar.

“Selain Jakarta, yang butuh juga di daerah Jabodetabek,” ucapnya.

Dia mengatakan, populasi babi sebanyak 2.000 ekor. Usahanya ini dibangun sejak 2007 dengan jumlah indukan 200 ekor. Proses perkembangbiakan memakai insiminasi buatan. Pengeloan limbah menggunakan pakai biogas. Sedangkan untuk produksi babi terjual 200 ekor per bulan. Namun, kata dia, yang menjadi kendala adalah pengadaan lahan pertenakan.

“Saya berharap Pemkab bisa menyediakan lahan 1000-2000 hektar untuk ternak babi milik saya,” ungkapnya. (*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

BACA JUGA: SIWO Award 2019 Akan Berikan Penghargaan Kepada Tokoh Lampung Peduli Olahraga

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong