Logo Saibumi

BPBD Taggamus Minta Pekon Antisipasi Bencana Jelang Musim Hujan, Ini Beberapa Wilayah yang Rawan

BPBD Taggamus Minta Pekon Antisipasi Bencana Jelang Musim Hujan, Ini Beberapa Wilayah yang Rawan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanggamus, Ediyan M Toha. Foto: Rusdi/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Tanggamus - Menghadapi perubahan iklim yang tidak menentu, BPBD Kabupaten Tanggamus telah melayangkan surat edaran ke pekon-pekon melalui camat setempat agar antisipasi tanggap bencana.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanggamus, Ediyan M Toha, memasuki musim penghujan setelah kemarau panjang tentunya tanah rentan terjadi bencana, baik bencana tanah longsor atau banjir. Hal itu disebabkan, dampak dari kemarau yang panjang seperti tanah yang pecah-pecah belum sepenuhnya pulih walau telah disiram hujan berkali-kali.

Ediyan menyebut daerah-daerah rawan bencana akibat faktor perubahan iklim meliputi Kecamatan Cukuh Balak, Kecamatan Kelumbayan, Kecamatan Kelumbaian Barat, Kecamatan Limau, Kecamatan Wonosobo, Kecamatan Semaka, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kecamatan Kota Agung, Kecamatan Bulok dan Kecamatan Pugung.

"Kami mengimbau ke masyarakat, supaya tidak membuang sampah sembarangan di sungai atau membuang di aliran yang dilalui air hujan. Dan juga menanamkan kebersihan di masyarakat, dengan jalan bergotong-royong membersihkan tempat mereka masing-masing," jelasnya beberapa waktu yang lalu.

Saat ini, Pemkab Tanggamus melalui BPBD Kabupaten Tanggamus telah memiliki alat berat berupa excavator yang dapat digunakan saat terjadi bencana. Namun yang menjadi kendala adalah tidak adanya sarana bantu angkut excavator seperti trailer.

Seperti diungkapkan oleh Maryani selaku Sekretaris BPBD Kabupaten Tanggamus, hal itu menjadi kendala, pihaknya ketika tiba-tiba terjadi musibah tanah longsor namun harus mencari trailer terlebih dahulu, sedangkan trailer Kabupaten Tanggamus termasuk susah untuk didapatkan.

Dengan kurangnya fasilitas pendukung peralatan dalam menangani bencana, Maryani berharap ke Pemerintah Pusat agar dapat memberi bantuan trailer ke BPBD Kabupaten Tanggamus

"Kita berharap ke depan kepala daerah juga memperhatikan untuk pengadaan trailer untuk Kabupaten Tanggamus. Kalau untuk personal kita sudah punya team reaksi cepat (TRC) dan unit reaksi cepat (URC) yang bisa meluncur begitu terjadi bencana," tandasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Rusdi.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong