Logo Saibumi

Studi: Risiko Kanker Paru-paru Perokok Berkurang dengan Olahraga

Studi: Risiko Kanker Paru-paru Perokok Berkurang dengan Olahraga

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SSI Lampung) - Penyakit kanker paru-pari merupakan penyakit yang sangat rentan terjadi perokok.

Namun, studi terbaru menyebut risiko terserang kanker paru-paru bisa berkurang dengan melakukan olahraga aerobik.

Ilmuwan dari Stanford University di Palo Alto, California melakukan studi kepada hampir 3.000 lelaki, dengan setengahnya merupakan mantan perokok dan sisanya masih aktif merokok.

Mereka diminta mengukur kardiorespirasi, yang menandakan kemampuan pembuluh darah menyuplai oksigen ke otot saat aktivitas fisik yang berat.

Pada responden diteliti selama 11,6 tahun. Selama periode peneliaian 99 partisipan didiagnosis mengalami kanker paru-paru, dan 79 lainnya meninggal karena kanker.

Peneliti menemukan responden yang rutin melakukan olahraga aerobik, seperti jalan kaki, jogging, lari, dan bersepeda memiliki risiko lebih rendah terserang kanker paru dan meninggal karena kanker.

Semakin baik kemampuan kardiorespirasi seseorang, semakin tinggi pula penurunan risiko terserang kanker.

"Baik perokok aktif maupun mantan perokok bisa menurunkan risiko kanker paru-paru dengan mendapatkan kemampuan kardiorespirasi yang tinggi," ujar peneliti utama, Baruch Vainshelboim dikutip dari Reuters dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Senin, 21 Oktober 2019

"Untuk mendapatkan kardiorespirasi yang baik, Anda bisa melakukan aerobik seperti jalan kaki, jogging, lari, dan bersepeda selama 20-30 menit per hari, sebanyak tiga hingga lima kali seminggu," tambahnya.

Kanker paru-paru masih menjadi masalah utama di dunia, dengan dua juta kasus baru setiap tahunnya. Angka kematiannya pun cukup banyak, yakni 1,8 juta per tahun. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong