Logo Saibumi

Ekosistem Rusak Akibat Penambangan Pasir, Buaya di Sungai Semaka Tanggamus Terkam Dua Warga

Ekosistem Rusak Akibat Penambangan Pasir, Buaya di Sungai Semaka Tanggamus Terkam Dua Warga

Buaya di Sungai Semaka, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Foto: Instimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung), Tanggamus - Dua warga di Kabupaten Tanggamus harus dirawat secara intensif akibat diterkam buaya saat mandi dan mencuci di Sungai Semaka, KecamataTern Semaka, Kabupaten Tanggamus, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Dua korban tersebut adalah Muhajit (60), warga Pekon Banjar Sari, Kecamatan Wonosobo dan Muhammad Kiflan (9), Warga Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka.

BACA JUGA: TNI, Polri, dan ASN Pemkab Tanggamus Deklarasi Sukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Menurut keterangan Supriyati, ibu Kiflan, saat itu anaknya sedang berada di sungai membantunya mencuci, lalu tiba-tiba kaki kanan anaknya diterkam buaya. Beruntung saat itu dirinya segera mengetahui dan menarik korban ke atas air, akibat gigitan tersebut anaknya mendapat luka dengan 20 jahitan.

"Atas kejadian ini masyarakat merasa trauma dan takut beraktivitas di sungai, seperti mandi, mencuci, mencari ikan dan menambang pasir,” terangnya.

Di hari yang sama, Muhajit, salah satu korban terkaman buaya menjelaskan bahwa saat itu dirinya hendak mandi di sungai sepulang dari bersawah. Saat mandi, tiba-tiba paha kaki kirinya digigit buaya sepanjang kira-kira dua setengah meter.

Beruntung gigitan buaya dapat terlepas sehingga dia lolos dari maut dan pulang dibantu warga sekitar. Muhajit mengalami luka serius di bagian kaki dan dibawa ke puskemas setempat untuk mendapat perawatan intensif.

"Setahun terakhir, buaya sering muncul di Sungai Semaka, ini disebabkan ekosistem di Muara Sungai Semaka rusak akibat penambangan pasir. Kami berharap pemerintah Tanggamus mengecek dan mengantisipasi masalah ini agar tidak jatuh korban lagi," ujarnya. (*)

BACA JUGA: Empat Bulan DPO, Satresnarkoba Polres Tanggamus Tangkap Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong