Logo Saibumi

PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Bantu Tanam 15 Ha Bibit Jagung di Desa Bangunsari Lampung Selatan

PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Bantu Tanam 15 Ha Bibit Jagung di Desa Bangunsari Lampung Selatan

Penanaman bibit jagung seluas 15 ha serentak PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang bersama warga dan kelompok tani Suka Maju 1, Desa Bangunsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa, 8 Oktober 2019. Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung), Lampung Selatan - PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang telah melaksanakan penanaman bibit jagung seluas 15 ha serentak bersama warga dan kelompok tani Suka Maju 1, Desa Bangunsari Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa, 8 Oktober 2019.

Kegiatan ini bagian dari program tanggung jawab sosial (CSR) PLN Peduli kepada warga sekitar Desa Bangunsari, di mana tanam tumbuh milik warga berada di bawah jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV PLN pada Penghantar New Tarahan – Sribawono.

Iwan Suyatno, Ketua Kelompok Tani Suka Maju 1 mengatakan beberapa tahun terakhir dirinya bersama petani lain mengalami masalah perekonomia akibat harga tanaman karet yang menjadi sumber panghasilan  turun drastis dan tidak dapat diprediksi kapan harganya akan stabil.

Oleh sebab itu, kelompok tani mencoba mengajukan proposal ke PLN untuk mendapatkan bantuan CSR agar kami bisa memeroleh bantuan bibit jagung untuk ditanami di lahan warga yang berada di bawah jaringan SUTT PLN sebagai ganti tanaman karet yang sudah tidak produktif  lagi.

“Alhamdulillah ternyata permohonan kami dapat respon positif dari PLN UPT Tanjungkarang dan kami sangat berterima kasih untuk itu,” tandas Iwan Suyatno.

Deden Nabudu, Manager PLN UPT Tanjungkarang menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada Kelompok Tani Suka Maju 1 yang telah menerima bantuan Program CSR PLN Peduli 2019 berupa bibit jagung beserta semua kelengkapan yang dibutuhkan untuk penanamannya dalam rangka membentuk kawasan jagung di lahan seluas 15 ha milik kelompok tani suka maju 1 Desa Bangunsari yang berada di bawah jaringan SUTT PLN.

Sebagai bentuk nyata kepedulian PLN, kata Deden, pihaknya telah menyalurkan bantuan ke beberapa kelompok tani, termasuk Kelompok Tani Suka Maju 1. Sebelumnya, bantuan diberikan kepada Kelompok Tani Merta Sari 9, Desa Jembrana, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur berupa pembentukan kawasan jeruk manis seluas 15 ha yang lahannya juga berada di bawah jaringan SUTT PLN.

“Alhamdulillah sekarang semua lahan tersebut sudah clear dari tanaman karet yang selama ini sangat berpotensi mengakibatkan gangguan sistem transmisi PLN. Untuk itu PLN berharap tanaman pengganti berupa jagung ini akan dapat membawa berkah, baik secara ekonomi maupun sosial bagi warga Desa Bangunsari dan sekitarnya,” ujarnya.

Ia berharap ke depan kerja sama yang baik antara PLN dan warga masyarakat, khususnya yang memiliki lahan di bawah jaringan SUTT 150 KV PLN dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Pada kesempatan itu pula, dilakukan sosialisasi manfaat dan bahaya listrik kepada seluruh warga yang hadir oleh Sofuan Junaidi, selaku Pejabat Lingkungan yang juga merupakan Sekretaris Tim CSR PLN UPT Tanjungkarang.

Pelaksanaan program CSR ini dihadiri oleh para pejabat dan staf PLN UPT Tanjungkarang, pamong desa dan kecamatan, kelompok tani Suka Maju 1 dan warga sekitar. (red)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong