Logo Saibumi

Menristekdikti Setujui Unila Buka Kembali Prodi S1 Bahasa Lampung

Menristekdikti Setujui Unila Buka Kembali Prodi S1 Bahasa Lampung

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim bersama jajaran Disdikbud dan Universitas Lampung selepas pertemuan dengan Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: Humas Pemprov Lampung

Saibumi.com (SMSI Lampung), Bandar Lampung - Keinginan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, agar Universitas Lampung (Unila) membuka kembali Program Studi (Prodi) Strata I (S1) Pendidikan Bahasa Lampung terwujud.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyetujui pencabutan moratorium atau Pembukaan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung pada Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila.

BACA JUGA: Kementerian PPPA Tinjau Ruang Bermain Kalpataru: Bandar Lampung Potensi Jadi Kota Layak Anak

Pencabutan moratorium tersebut disampaikan langsung oleh Menristekdikti Mohamad Nasir kepada Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sulpakar bersama tim dari FKIP Unila, di kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

Kadisdikbud Sulpakar menjelaskan, dalam pertemuan itu, Menristekdikti menyetujui dibukanya kembali Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung di Unila. Di mulai pada masa penerimaan mahasiswa baru 2020 mendatang.

Masih kata Sulpakar, langkah cepat realisasi prodi ini, merupakan implementasi visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Disdikbud bekerjasama dengan FKIP Unila.

Beberapa waktu lalu, Rektor Unila Hasriadi Mat Akin dan jajarannya beraudiensi dengan Gubernur Lampung. Gubernur meminta Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung dibuka kembali. Gubernur pun memberi tugas khusus kepada Kadisdikbud untuk memproses program ini.

"Jadi, pertemuan Ibu Wakil Gubernur Lampung dan Tim Unila dan Disdikbud dengan Pak Menristekdikti, menindaklanjuti rekomendasi Pak Gubernur Arinal tentang pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Lampung yang tertuang dalam surat Nomor : 420/2428/V.01/DP.1a/2019, tertanggal 19 September 2019," ujar Sulpakar.

Rekomendasi Gubernur Lampung diantaranya, pembinaan dan pengembangan budaya, bahasa dan aksara Lampung, dengan ini Pemerintah Provinsi Lampung memberikan rekomendasi pembukaan Prodi S1 Bahasa Lampung pada FKIP Unila.

Rekomendasi ini juga, lanjut Sulpakar, sebagai wujud pelaksanaan program Pemerintah Provinsi Lampung di bidang pendidikan dalam upaya pelestarian, pembinaan dan pengembangan budaya, bahasa dan aksara Lampung.

Dukungan pembukaan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung, juga diberikan oleh Adisabda, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Lampung, kemudian persetujuan dari Rektor Unila.

"Syukur alhamdulillah Pak Menristekdikti menyetujui, dengan demikian, kebutuhan akan guru bidang studi bahasa Lampung di sekolah akan terisi," ujar Sulpakar. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Eva Suryani.

BACA JUGA: SMSI Lampung Dukung Langkah Tegas Bea Cukai Lampung Brantas Miras Ilegal

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong