Logo Saibumi

Festival Wonomarto 2019 Cerminkan Kekayaan Alam dan Kemajemukan Adat Budaya Lampung Utara

Festival Wonomarto 2019 Cerminkan Kekayaan Alam dan Kemajemukan Adat Budaya Lampung Utara

Kirab gunungan hasil bumi dalam Festival Wonomarto 2019, Lampung Utara. Foto: SMSI Lampung Utara

Saibumi.com (SMSI Lampung), Lampung Utara - Festival Wonomarto (FWM) 2019 resmi digelar, Selasa, 15 Oktober 2019. Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung Utara terlibat sebagai sponsor kegiatan tersebut.

Delapan dusun yang ada di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, membuka festival dengan melakukan kirab gunungan.

Kirab gunungan merupakan simbol dari hasil bumi yang menjadi potensi warga desa setempat. Seluruh peserta kirab gunungan melakukan longmarch sejauh satu kilometer, dimulai dari balai dusun menuju lokasi Wisata II Desa Wonomarto, yang dijadikan pusat kegiatan FWM 2019.

Peserta kirab dengan berbagai atraksi dan kostum kedaerahan merupakan wujud kemajemukan adat budaya yang tumbuh dan berkembang di Desa Wonomarto.

Staf Kememterian Desa RI, Aries Mufti, mengapresiasi penampilan peserta dalam FWM 201 yang sangat luar biasa.

"Yang paling penting, ini adalah festival yang pertama kali dilaksanakan. Ke depannya diharapkan agar kegiatan serupa dapat kembali dilaksanakan dengan melibatkan desa-desa lainnya dengan hasil bumi yang melimpah," sambut Aries Mufti, yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Gerakan Desa Emas Indonesia, Selasa.

Ia berharap kebersamaan yang ditunjukkan masyarakat Desa Wonomarto dalam FWM 2019 harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

Senada, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Lampung Utara, Dina Prawitarini, mengatakan, kegiatan ini mampu mengangkat citra positif Desa Wonomarto dan mengangkat potensi Kabupaten Lampung Utara secara nasional.

Terpisah, Jarmiasrih, warga Dusun Sribangun, mengaku bersukacita atas kegiatan FWM 2019.

"Aku senang sekali, Mas, Desa Wonomarto adakan kegiatan ini," ucapnya saat diwawancarai Tim SMSI Lampung Utara di lokasi acara.

Delapan dusun yang terlibat dalam kirab gunungan hasil bumi pada FWM 2019, yakni Dusun Sribangun, Wonoasri, Wonokitri I, Wonokitri II, Telagasari, Tegalsari, Karangsari, dan Wonomarto. (red)

BACA JUGA: SMSI Lampung Utara Bantu Kejari Tingkatkan Zona Integritas, dari WBK Menjadi WBBM

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong