Logo Saibumi

Suami Wagub Lampung di Pilkada Lamtim, Pengamat: Ruang Munculnya Dinasti Politik

 Suami Wagub Lampung di Pilkada Lamtim, Pengamat: Ruang Munculnya Dinasti Politik

Ilustrasi Keluarga Berpolitik. Foto/Tempo.co

Saibumi.com (SMSI Lampung) Lampung Timur – Erry Ayudhiansyah suami Wagub Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik masuk bursa bakal calon bupati (Balonbup) Lampung Timur.

Siapa sangka pria yang berprofesi sebagai pengacara asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut maju di kontentasi Pilkada Lamtim 2020 melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai yang diketuai Nunik istri Erry Ayudhiansyah.

BACA JUGA: Setelah Amankan Empat Terduga Teroris, Densus 88 Geledah Kontrakan di Kaliawi

Kemunculan suami Mantan Bupati Lampung Timur di Pilkada Lampung Timur ini menjadi pertanyaan dan menimbulkan berbagai spekulasi, menciptakan dinasti politik atau ‘aji mumpung’, padahal kader PKB di Lampung Timur tergolong banyak yang potensial.

Karena tak banyak masyarakat Lamtim yang tahu seluk beluk tentang Erry Ayudhiansyah. Sehingga masyarakat Lamtim meragukan kapasitasnya mengajukan diri sebagai Balonbup.

Akademisi dari Universitas Lampung (Unila) Dedy Hermawan menilai, sah-sah saja setiap orang untuk mencalonkan diri dalam Pilkada karena hak setiap warga negara yang dilindungi konstitusi.

Namun untuk dugaan melahirkan ‘keluarga berpolitik’ di Pilkada Lampung Timur kata Dedy, satu sisi paradoks demokrasi atau suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis, yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi.

“Yang memberi ruang munculnya dinasti politik dan motif kerabat. Dan akhirnya biarkan rakyat yang memutuskan,” kata dia melalui pesan singkat kepada Saibumi.com, Senin 14 Oktober 2019.

Diketahui, Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Lamtim menutup penjaringan Balonkada bupati dan wakil bupati.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Lamtim, Muhammad Muslim Rois, mengatakan, sejak penjaringan balonkada dibuka 26 September hingga berakhir pada Sabtu, 5 Oktober 2019, terdapat 18 tokoh dari berbagai kalangan yang mendaftar. Termasuk Erry Ayudyansyah, suami Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim.

Mereka terbagi dalam dua kelompok, yaitu bakal calon bupati (Balonbup) dan bakal calon wakil bupati (Balonwabup).

Untuk sembilan balonbup yaitu Dawam Rahardjo  dari ASN, Yusron Amirullah (politikus Partai NasDem), Suhadi (swasta), Djoko Pramono (politikus PDIP), Andri Sohar (politikus Partai Demokrat), Makruf Abidin (PD Muhammadiyah), Zaiful Bukhori (bupati petahana), Binti Amanah Adnan (kader PKB) dan Erry Ayudyansyah (pengacara/suami Wagub Lampung Chusnunia Chalim)

Sedangkan untuk sembilan balonwabup yakni Siswanto  dari ASN, Makhsum Asrori (swasta), Andri (politikus Partai Golkar), Sri Andayaningsih (swasta), Mujoko (politikus PAN), Ahmad Basuki (kader PKB), Mahmud Yunus (ASN), Hari Andrian (swasta) dan Garinca Reza Fahlevi (politikus Partai NasDem).

Muhammad Muslim Rois, mengatakan, Yusron Amirullah dan anaknya, Garinca Reza Fahlevi turut mengambil formulir pendaftaran balonbup dan balonwabup.

"Ini artinya, PKB banyak diminati dari semua kalangan," ungkapnya. (*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

 

 

 

 

BACA JUGA: Sambangi Bocah Penderita Kanker Mata, Bupati Lampung Tengah Janji Carikan Solusi

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong