Logo Saibumi

Ini Cara Memindahkan Pesan Lama di WhatsApp ke Ponsel Baru, Meluncur Gan

Ini Cara Memindahkan Pesan Lama di WhatsApp ke Ponsel Baru, Meluncur Gan

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Jika pengguna memiliki ponsel baru dan mengunduh WhatsApp, pesan lama yang sebelumnya tidak akan muncul dalam aplikasi tersebut.

Dilansir laman Android Pit dan Suara,com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 12 Oktober 2019, ada beberapa cara memindahkan pesan lama di WhatsApp ke ponsel baru. Berikut pilihannya:

1. Google Drive

Pengguna dapat menggunakan Google Drive untuk membuat cadangan dan memulihkan pesan. Buka WhatsApp > ketuk tiga titik di kiri atas layar dan buka Settings > Chats > Chat Backup.

Pengguna dapat membuat cadangan secara manual atau mengaturnya agar secara otomatis mencadangkan secara teratur sesuai keinginan pengguna. Saat WhatsApp diinstal ulang, aplikasi akan meminta pengguna untuk memulihkan obrolan dan multimedia dari Google Drive. Chat dan kontak akan muncul di aplikasi secara instan.

2. Mencadangkan dan memulihkan pesan secara manual

Jika pengguna belum menerima pembaruan WhatsApp Google Drive atau pengguna lebih suka melakukannya dengan cara lama, pengguna dapat mencadangkan dan memulihkan pesan secara manual.

Buka WhatsApp > Settings > ketuk Chats and calls > ketuk Chat Backup.

Jika ponsel Android lama dan yang baru milik pengguna sama-sama menggunakan kartu SD eksternal untuk memori, buat cadangan ke kartu SD lalu alihkan dari ponsel lama dan masukkan ke yang baru. Kemudian pulihkan kartu SD ke WhatsApp yang baru diunduh di ponsel baru.

Namun, jika ponsel pengguna memiliki penyimpanan ke memori internal, maka sambungkan ponsel ke PC melalui kabel USB dan navigasikan ke memori internal perangkat ke folder WhatsApp atau Database. Salin file dengan tanggal pembuatan terbaru ke PC.

Kemudian unduh WhatsApp di ponsel baru namun jangan buka aplikasi tersebut. Pengguna harus menghubungkan perangkat baru ke PC melalui USB dan pindahkan file WhatsApp yang sebelumnya tersimpan di PC.

Setelahnya, pengguna dapat membuka aplikasi dan pemberitahuan mengenai cadangan pesan ditemukan. Cukup ketuk Restore dan cadangan pesan akan pulih secara otomatis. (*/ruslan)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong