Logo Saibumi

Pilkades Serentak di Lampung Timur, 13 Desa Melebihi Lima Calon Kades

Pilkades Serentak di Lampung Timur, 13 Desa Melebihi Lima Calon Kades

Penetapan calon kades di Desa Mulyosari. | Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung), Lampung Timur - Pemilihan 152 kepala desa (Pilkades) serentak di Lampung Timur (Lamtim) tinggal 39 hari.

Panitia pilkades telah menetapkan calon kades sesuai jadwal tahapan. Sebagian panitia telah melaporkan jumlah calon kades kepada panitia kabupaten, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lamtim.

Kepala Dinas PMD Lamtim, Wirham Wiradi, melalui Kasi Ekoliasi, Pemerintahan dan Pembangunan Desa, Aan Burhanudin, mengatakan, pendaftar balon kades mencapai 562 orang yang tersebar di 152 desa.

Dari jumlah tersebut terdapat calon kades yang melebihi lima calon di 13 desa dari delapan kecamatan dengan total 90 orang.

"Kalau jumlah kades yang ditetapkan belum bisa kami berikan. Sebab sebagian desa datanya belum masuk," kata Aan Burhanudin, melalui pesan singkat yang diterima Saibumi.com, Sabtu 12 Oktober 2019.

Menurutnya, sesuai dengan perda dan perbup yang telah ditetapkan, maka calon kades lebih dari lima orang akan dilakukan tes. Penilaian tes meliputi usia, jenjang pendidikan, pengalaman kerja dan sebagainya.

"Ya kalau sesuai jadwal tes akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2019," ujar Aan Burhanudin.

Sejauh ini, panitia kabupaten masih menunggu data dari beberapa desa yang belum melaporkan hasil penetapan calon kades.

"Kami masih menunggu laporan panitia," ungkapnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Nurman Agung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong