Logo Saibumi

DAK Hanya untuk 29 Kegiatan, Dinas Pendidikan Tanggamus: Padahal Banyak Sekolah Butuh Rehab

DAK Hanya untuk 29 Kegiatan, Dinas Pendidikan Tanggamus: Padahal Banyak Sekolah Butuh Rehab

Kabid Sapras Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Mulyadi. Foto: Rusdi/Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI Lampung), Tanggamus - Kabupaten Tanggamus hanya mendapat Alokasi Dana Khusus (DAK) untuk bidang pendidikan sebanyak 29 kegiatan, padahal terdapat 409 Sekolah Dasar, 83 Sekolah Menengah Pertama, beberapa Sekolah Komputer Berbasis, serta Taman Kanak-Kanak Negeri.

Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus mengaku telah berupaya mengajukan ke Kementrian Pendidikan, namun saat ini belum dapat terealisasi. Padahal masih banyak sekolah yang membutuhkan rehab atau pembangunan berdasarkan skala prioritas. 

Diketahui, DAK adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintahan daerah namun masuk dalam prioritas nasional.

"Banyak usulan yang diajukan, namun untuk ketentuan penempatan dan pedapatan anggaran adalah dari Kementrian berdasarkan Dapodik yang ada. Jadi dalam penganggaran DAK dari kementrian ini diajukan melalui progaram Krisana dan dianggarkan sesuai dengan data Dapodik yang ada," ujar Mulyadi selaku Kabid Sapras Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis, 10 Oktober 2019.

Krisna adalah aplikasi berbasis online dari Kementrian Pendidikan yang difasilitasi oleh Bapedda Kabupaten Tanggamus. Aplikasi ini berfungsi mengirim usulan dan data kebutuhan sekolah berdasarkan skala prioritas.

"Dari usualan-usalan itulah Kementrian akan menilai dan disesuaikan dengan Dapodik sekolah tersebut," katanya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Rusdi.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong