Logo Saibumi

BNNP Lampung dan Kemenhukam Perkuat Sinergi Bongkar Pengendalian Bisnis Narkoba dari Lapas

BNNP Lampung dan Kemenhukam Perkuat Sinergi Bongkar Pengendalian Bisnis Narkoba dari Lapas

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung Ery Nursatari (tengah).

Saibumi.com (SMSI Lampung), Bandar Lampung - Dalam dunia kejahatan, narkoba disebut mother of crime. Sebab narkoba sanggup melahirkan beragam tidak pidana lainnya. Gembong dari induk kejahatan ini pula kerap mewabah di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung Ery Nursatari dalam Talkshow Long Wind and Journey Penanganan Permasalahan Narkoba di Provinsi Lampung, di Yunna Hotel, Rabu 9 September 2019.

Menurutnya, permasalahan narkoba di Indonesia tidak akan pernah berhenti karena bisnis ini mengiurkan. Sehingga kejahatan narkoba menjadi induk dari segala kejahatan.

"Karena uang hasil dari pada kejahatan narkoba itu  85%  disumbangkan untuk memodalkan kejahatan tetorisme dan prostitusi," jelas Ery.

Hal ini merupakan bencana yang serius yang harus diperangi bersama. Karena permasalahan narkotika tidak bisa selesaikan hanya dengan BNN dan Polisi.

"Pemerintah juga harus care terhadap pemberantasan dan pencegahan narkoba," ungkapnya.

Masalah lainnya, bisnis narkoba justeru kerap dikendalikan dari balik lapas. Dari beberapa pengungkapan kasus, narapidana memiliki akses untuk terus menjadi pengendali binsi narkoba di luar lapas.

"Telah kita ketahui bersama bahwa pernah ada sejarah yang tidak baik, yang tentunya taman-teman di Kemenkumham juga menyadari hal ini. Namun saat ini, kita sudah berhubungan dengan baik, sehingga akan kita benahi dengan baik lagi," paparnya.

Menurutnya, pihak lapas di Lampung saat ini sudah bertindak kooperatif jika BNNP akan melakukan sidak, pemeriksaan terhadap pegawai juga terhadap narapidana.

"Kalapas bilang dengan saya, kalau memang ada anggotanya yang telibat narkoba jangan ragu-ragu. Dan ketika akan melakukan sidak mereka juga bersikap baik, jika pimpinannya sudah seperti itu, insya Allah kita akan lebih giat lagi," pungkasnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong