Logo Saibumi

Agar Ponsel Tak Kena Hack, Ini Cara Update WA Android Versi Terbaru

Agar Ponsel Tak Kena Hack, Ini Cara Update WA Android Versi Terbaru

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - WhatsApp menjadi aplikasi pengiriman pesan terpopuler saat ini. Beragam pesan, foto dan video dikirimkan aplikasi yang lahir sejak tahun 2009 itu.

Seiring waktu, WhatsApp juga memiliki fitur lain seperti filter foto, background menarik, hingga text dan font yang bervariasi.

Semua fitur itu bisa digunakan seiring versi aplikasi yang diperbarui.

Selain kenyamanan soal fitur, memperbarui WhatsApp dengan versi baru juga memiliki fungsi lain, yang sebenarnya jauh lebih penting. Yakni menjaga keamanan privasi serta mencegah terjadinya kehilangan data atau kena serangan hack.

Alarm waspada sudah mulai dinyalakan ketika celah keamanan untuk aplikasi ini terlihat lemah dalam WhatsApp untuk Android versi di bawah 2.19.244.

Facebook sebagai perusahaan pemilik WhatsApp bahkan sudah memberikan anjuran kepada penggunanya.

"WhatsApp mendorong pengguna untuk meningkatkan ke versi terbaru dari aplikasi kami, serta menjaga sistem operasi seluler tetap up to date, untuk melindungi dari potensial yang ditargetkan, yang dirancang mengkompromikan informasi yang tersimpan di perangkat seluler," kata Facebook dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The New York Times dan CNBC Indonesia, Senin, 7 Oktober 2019.

WhatsApp tampaknya bekerja keras dalam menyelesaikan persoalan privasi data tersebut. Mereka menyampaikan bahwa upaya sudah dilakukan.

"Kami terus bekerja bersama mitra industri untuk menyediakan peningkatan keamanan terbaru untuk membantu melindungi pengguna kami," lanjut Facebook seperti dikutip dari Times.

Adapun pemicu terjadinya hack ini adalah bug atau kesalahan format data yang menyebabkan dengan nama double free dengan jenis GIF (Graphics Interchange Format) yang menyebabkan kebocoran data atau hack. Karenanya, tentu ini sangat meresahkan bagi pengguna WA dengan versi lama.

Versi WA apa saja yang terbebas dari potensi kena serangan hacker. Berikut daftar versinya: 2.19.244, 2.19.245, 2.19.247, 2.19.249, 2.19.251, 2.19.252, 2.19.258, 2.19.260, 2.19.262, 2.19.263, 2.19.264, 2.19.267, 2.19.269, 2.19.270, 2.19.272, 2.19.273.

Coba pastikan, apakah kamu sudah memiliki WhatsApp dari versi di atas? Untuk cara mengeceknya bisa diklik di sini:

Jika merasa belum memiliki aplikasi dengan versi di atas, maka kamu bisa menginstalnya. Caranya dengan mengakses play store kemudian mencari aplikasi WhatsApp. Pastikan memori internal kamu cukup untuk mendownload. Jika sudah, maka secara otomatis HP kamu akan mendapati versi terbarunya.

Namun, jika kamu merasa memori kamu tidak mencukupi untuk menginstal versi terbarunya. Maka pilihan lainnya yakni mendownload versi sebelumnya namun masih berada di atas versi 2.19.244. Caranya yakni dengan mendownload di situs https://whatsapp-messenger.id.uptodown.com/android/download

WhatsApp tidak memberikan opsi kepada penggunanya untuk mendownload versi yang bukan terbaru. Karenanya, kamu bisa mendownload dari situs lain dan menginstal APK yang sudah didownload. Selamat mencoba! (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong