Logo Saibumi

Saling Cambuk dan Luka, Warga Lampung Timur Antusias Ikuti Tari Tiban

Saling Cambuk dan Luka, Warga Lampung Timur Antusias Ikuti Tari Tiban

Suasana Tari di Lampung Timur. Foto/Nurman Saibumi.com

Saibumi.com – Lampung Timur – Warga Desa Bauh Gunungsari, Sekampungudik, Lampung Timur (Lamtim), menggelar Tari Budaya Tiban, Ahad 6 Oktober 2019.

Puluhan peserta dari pelbagai Kecamatan di Lamtim ikut serta meramaikan kegiatan yang diadakan pada setiap musim kemarau.

BACA JUGA: Pilkada Lampung Timur 2020, 18 Tokoh Mendaftar Lewat PKB

Ratusan warga menyaksikan aksi cambuk para peserta di atas panggung arena.

Panitia penyelenggara Tari Budaya Tiban, Muali mengatakan kegiatan diadakan sebagai pelestarian adat dan budaya. Pelaksanakan tiban selama dua hari pada Sabtu dan Ahad.

“Kegiatan dilakukan hanya pada saat musim panas dan kemarau tiba. Ini adalah budaya yang sudah turun temurun dilakukan sejak nenek moyang dulu,” kata dia.

Dia menambahkan, peserta yang hadir dari berbagai desa. Peserta yang ikut disesuaikan dengan postur tubuh mereka.

“Peserta yang hadir memang kita undang, biasanya nanti gantian,” ucapnya.

Nyoto warga setempat mengatakan, sangat senang mengikuti acara Tari Tiban tersebut, walaupun mengalami luka namun dirinya merasa tidak jera untuk ikut lagi bila ada acara yang sama.

Tiban adalah seni tari yang berasal dari daerah Jawa Timur, dimana dalam tarian itu dua orang peserta akan sama-sama membawa sebuah pecut yang digunakan sebagai senjata sekaligus tameng.

Selanjutnya kedua peserta akan secara bergantian melakukan sabetan ke tubuh lawan

“Luka serta darah pun tak bisa dihindari namun begitu usai melakukan aksi sabet menyabet kedua peserta selanjutnya akan bersalaman dan berangkulan sebagai tanda tidak ada dendam,” ungkapnya. (*)

 

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

 

 

BACA JUGA: Diikuti Ratusan Goeweser dari Luar Daerah, Bupati Lampung Barat Buka GBGL

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong