Logo Saibumi

La Nyalla Mattalitti Ketua DPD Usai Menang Voting

La Nyalla Mattalitti Ketua DPD Usai Menang Voting

La Nyalla Mattalitti | Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI Lampung) - Ketua Mahkamah Agung (MA) M Hatta Ali resmi melantik La Nyalla Mattalitti sebagai Ketua DPD RI bersamaan dengan tiga wakil ketua DPD.

Pelantikan dilaksanakan di Nusantara V pada Rabu, 2 Oktober 2019, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

La Nyalla beserta tiga wakil ketua yakni Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan Bachtiar langsung diambil sumpah di bawah Al Qur'an, dipandu langsung Hatta Ali.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa negara dan daerah daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan," ujar mereka dalam sumpahnya.

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara NKRI," tambahnya.

Pantauan Suara.com -- jaringan Saibumi.com -- di lokasi, usai mengucapkan sumpah dan janji, keempat pimpinan tersebut langsung menandatangani surat keputusan dan penetapan.

La Nyalla mengatakan keinginannya agar DPD dilibatkan dalam setiap aspek pengambilan keputusan bersama DPR dan MPR.

"Kami mohon dukungan dan kerja sama dari seluruh anggota DPD," ujar La Nyalla.

Sebelumnya, pimpinan DPD terpilih La Nyalla Mattalitti menjadi ketua DPD terpilih. Hal itu dilakukan usai pemilihan melalui mekanisme voting.

Dari 134 anggota DPD yang memberikan hak suaranya, La Nyalla memperoleh 47 suara dan menempatkannya pada posisi pertama.

"Pimpinan terpilih yang memperoleh suara terbanyak pertama ditetapkan sebagai ketua terpilih," kata pimpinan DPD sementara Jialyka Maharani.

Secara resmi total suara yang masuk sebanyak 133 suara dengan 1 suara dinyatakan tidak sah. Keseluruhan pengambilan voting itu dilakukan tanpa kehadiran dua anggota DPD.

Tiga pimpinan DPD terpilih lainnya menjadi wakil ketua DPD, yakni Nono Sampono 40 suara, Mahyudin 28 suara, dan Sultan Bachtiar dengan 18 suara.

"Menetapkan saudara La Nyalla Matalitti ketua, Wakil ketua Nono Sampono, Wakil ketua dua Mahyudin, Wakil ketua tiga Sultan Bahtiar," kata pimpinan DPD sementara Sabam Sirait. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong