Logo Saibumi

Ini Lima Tips Maksimalkan Manfaat Sehat Kopi, Coba Gaes

Ini Lima Tips Maksimalkan Manfaat Sehat Kopi, Coba Gaes

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Banyak penelitian menunjukkan berbagai manfaat kesehatan yang didapat saat kita minum kopi, karena jumlah antioksidannya yang tinggi.

Meski begitu, jika diminum berlebihan atau tidak tepat, kopi juga dapat berefek merugikan.

Supaya Anda bisa mendapat manfaat secangkir kopi secara maksimal, berikut beberapa hal yang bisa Anda ikuti, untuk meningkatkan kesehatan Anda, dilansir Bright Side dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Sabtu, 21 September 2019.

1. Bulletproof coffee

Ini adalah resep kopi di mana Anda menambahkan mentega tawar dan minyak MCT ke dalam cangkir kopi hitam Anda. Kedengarannya aneh dan tidak biasa, tetapi banyak orang mengklaim bahwa ini sangat lezat.

Minuman ini juga cocok baik bagi mereka yang tidak suka makan di pagi hari tetapi tidak bisa menolak minum kafein ketika mereka bangun tidur. Resep ini bisa meningkatkan kolesterol baik sambil menurunkan trigliserida.

2. Gunakan pemanis alami

Idealnya, kita semua harus minum kopi tanpa tambahan gula atau pemanis dalam bentuk apa pun, tetapi tidak demikian halnya bagi banyak orang. Gula adalah salah satu bahan paling berbahaya dalam diet modern, jadi Anda harus memoderasi asupan Anda.

Coba tambahkan sesuatu yang lebih alami seperti vanilla atau stevia ke dalam secangkir kopi Anda.

3. Jangan minum kopi lewat pukul 2 siang

Kopi adalah minuman stimulan, yang merupakan salah satu alasan mengapa minuman ini begitu populer. Kelemahannya adalah ini bisa mengganggu siklus tidur Anda.

Anda bisa minum 2-3 cangkir kopi di pagi hari, tetapi hindari minum kopi setelah pukul 2 atau 3 siang. Cobalah beralih ke kopi tanpa kafein atau secangkir teh di sore hari sehingga Anda bisa tidur nyenyak.

4. Menambahkan cocoa dan kayu manis

Menambahkan cocoa ke kopi Anda tidak hanya bagus sebagai penambah antioksidan, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah gula yang Anda tambahkan ke dalam cangkir Anda. Mocha, yang merupakan jenis campuran kopi dengan rasa coklat, adalah pilihan populer di restoran di seluruh dunia.

Hal yang sama berlaku dengan kayu manis, makanan super termogenik dan antioksidan ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga menambah rasa rempah pada kopi Anda membuatnya lebih nikmat. Namun, tambahkan sedikit saja, karena terlalu banyak dapat menyebabkan gejala tidak nyaman.

5. Minum kopi saat perut kosong

Meminum kopi saat perut kosong bukanlah ide baik. Jika Anda belum makan apa pun, kopi (termasuk kopi tanpa kafein) dapat merusak lapisan perut Anda dan menyebabkan efek seperti mulas dan gangguan pencernaan.

Ini juga dapat mempengaruhi sistem saraf Anda secara negatif dengan mengintensifkan gejala kecemasan. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong