Logo Saibumi

Warga Desak Pemkab Lampung Timur Usut Dugaan Penyimpangan BPNT

Warga Desak Pemkab Lampung Timur Usut Dugaan Penyimpangan BPNT

Para pengunjuk rasa saat di depan kantor Bupati Lampung Timur, Kamis 19 September 2019.

Saibumi.com, Lampung Timur - Puluhan warga yang mengatasnamakan Komite Aksi Kawal Program Presiden, melakukan unjuk rasa di depan kantor Bupati Lampung Timur (Lamtim), Kamis, 19 September 2019.

Perwakilan pengunjuk rasa, Faizal, menyampaikan keluhan kepada Pemkab Lamtim atas persoalan dugaan penyimpangan penyaluran bantuan pangan nontunai (BPNT) 2019 oleh PT Barokah, yang menjadi supplier e-Warung khususnya di Lamtim berupa beras, yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM) diduga kualitasnya tidak sesuai.

Selain itu, pengunjuk rasa menduga adanya e-Warung abal-abal tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta terindikasi adanya tekanan dari pihak-pihak agar KPM dan pengurus e-Warung menerima apa adanya atau tidak berani untuk memprotes.

Berdasarkan hal tersebut, Komite Aksi Kawal Program Presiden menuntut pemberhentian PT Barokah sebagai penyalur beras dan telur di Lamtim, mengembalikan sistem penyaluran BPNT sesuai dengan pedoman sesungguhnya, meminta untuk PT Barokah mengembalikan sisa KPM periode penyaluran yang sudah berjalan dan mengusut tuntas aliran dana penyelewengan.

Dia mencontohkan, beras kualitas medium yang di pasaran seharga Rp 10 ribu per kilogram (Kg) dijual dengan harga Rp 12 ribu/kg.

Telur yang diterima keluarga penerima manfaat hanya enam butir dengan harga Rp1.500 per butir.

Selain itu, e-Warung yang ada diduga juga tidak sesuai dengan ketentuan.

"Kami mendesak Bupati Lamtim segera menindaklanjuti dugaan penyimpangam itu," kata Faizal.

Kedatangan para pengunjukrasa itu diterima langsung Bupati Lamtim Zaiful Bokhari.

"Kami segera menggelar rapat koordinasi untuk mengevaluasi dugaan penyimpangan BPNT. Kalau memang ada ASN Lamtim yang terlibat, akan kami tindak tegas," janji Zaiful, didampingi Asisten I Tarmizi dan Kepala Dinas Kesbangpol Syahrul Syah, saat berdialog dengan perwakilan pengunjukrasa di ruang kerja Bupati Lamtim. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Nurman Agung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong