Logo Saibumi

Paspor Jangan Sampai Rusak, Penggantian Bisa Tunggu 6 Bulan Sampai 2 Tahun

Paspor Jangan Sampai Rusak, Penggantian Bisa Tunggu 6 Bulan Sampai 2 Tahun

Foto: Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Paspor salah satu dokumen negara yang penting, pemegangnya diminta untuk hati-hati  dalam menyimpan dan menjaganya agar tidak rusak.

Jika sampai rusak, biaya penggantian Rp500 ribu, lebih besar dari biaya pembuatan yang hanya Rp350 ribu.

Bahkan, jika didapati rusak karena kecerobohan si pemegang, penggantian paspor baru harus menunggu 6 bulan sampai 2 tahun.

"Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua) tahun," dikutip saibumi.com dari laman imigrasi.go.id.

Dalam laman tersebut juga disebutkan, jika paspor rusak, pemgang diminta segera melapor ke Kantor Imigrasi dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian dengan membawa paspor yang rusak tersebut.

Penggantian paspor yang rusak, dilaksanakan setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan, dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian.

Sementara, jika paspor rusak di luar negeri, pemegang harus segera melapor kepada Perwakilan RI di luar negeri.

"Hati-hatilah dalam menyimpan dan menjaga paspor anda, paspor anda dapat dipergunakan oleh orang lain untuk hal-hal yang  dapat merugikan anda," tulis imigrasi.go.id mengingatkan. (*/Eva)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong