Logo Saibumi

Polemik 21 Ribu KIS Terblokir, Pemda Lampung Timur Koordinasi dengan BPJS Kesehatan

 Polemik 21 Ribu KIS Terblokir, Pemda Lampung Timur Koordinasi dengan BPJS Kesehatan

Ilustrasi. Foto ist

Saibumi.com, Lampung Timur - Polemik 21 ribu Kartu Indonesia Sehat (KIS) milik masyarakat Lampung Timur (Lamtim) yang terblokir dan tidak aktif menemui titik terang.
Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) telah melakukan koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mensikapi persoalan tersebut.
"Setelah persoalan dibahas rupanya ada beberapa hal yang menjadi kendala," kata Bupati Lamtim, Zaiful Bokhari, Rabu, 18 September 2019.
Dia menyatakan, Pemkab Lamtim telah menyerahkan 1.140 KIS kepada 975 kepala keluarga di Kecamatan Gunungpelindung pada Selasa 17 September 2019.
"Penyerahan ribuan KIS ini untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan pengobatan," ujarnya.
Menurut Zaiful Bokhari, KIS merupakan program pemerintah pusat yang berlaku untuk seluruh warga indonesia. Pemkab Lamtim memprioritaskan dan mengutamakan program berobat gratis untuk seluruh masyarakat di Lampung timur tanpa terkecuali yang tak memiliki BPJS atau KIS, dengan cukup membawa fotokopi KTP-el dan KK di RSUD Sukadana dan seluruh UPTD puskesmas. Pemkab Lamtim akan menganggarkan pengadaan 20 unit mobil ambulans, disertai dengan bantuan lima unit ambulanse yang berasal dari pemerintah pusat.
"Bagi warga tidak atau belum memiliki KIS, bahwasanya pemerintah memiliki program terkait dengan kesehatan. Bahwa pemerintah memberikan jaminan kesehatan gratis bagi warga," ucapnya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com Nurman Agung

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong