Logo Saibumi

Ini Tujuh Tips dan Trik Kesehatan Unik Sehari-hari, Cobalah

Ini Tujuh Tips dan Trik Kesehatan Unik Sehari-hari, Cobalah

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Saibumi.com, Lampung - Tips dan trik unik tidak hanya ada di dunia kuliner maupun pertukangan.

Ada juga berbagai tips dan trik yang dipercaya bisa membuat kita merasa lebih baik dan efektif menyembuhkan berbagai penyakit.

Sebagian di antaranya mungkin belum terbukti secara ilmiah, namun tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu tips dan trik kesehatan unik ini bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Ingin tahu? Berikut daftarnya seperti yang dilansir Bright Side dan Suara.com -- jaringan Saibumi.com, Rabu, 18 September 2019:

1. Pergi ke toilet tengah malam dengan satu mata tertutup

Pergi ke toilet di tengah malam setelah tertidur terkadang bisa mendatangkan malapetaka pada tidur Anda. Ini karena setelah bangun, Anda tentu akan menyalakan lampu untuk pergi ke toilet.

Cahaya terang yang tiba-tiba akan membuat otak menganggap bahwa ini adalah waktu pagi, dan membuat Anda susah tidur kembali.

Dengan hanya membuka satu mata, Anda meminimalkan jumlah cahaya yang masuk ke retina dan memberi sinyal pada otak Anda. Setelah Anda selesai dengan urusan toilet Anda, Anda akan dapat tertidur dengan cepat lagi.

2. Takuti diri Anda untuk menghentikan cegukan

Ketika serangan cegukan terjadi, Anda mungkin merasa jika ini tidak mungkin akan pernah berhenti, meskipun akhirnya berhenti setelah beberapa menit dalam banyak kasus. Untuk menghentikan cegukan dalam sekejap, mintalah seseorang untuk tiba-tiba membuat Anda takut atau mengejutkan Anda.

Tindakan mendadak ini menyebabkan jantung berdetak cepat dan meningkatkan sirkulasi darah. Dan pada saat yang sama mengalihkan perhatian kita dari cegukan.

3. Tidur di kamar yang dingin

Tidur di kamar yang dingin baik untuk kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Ini membantu Anda untuk tertidur dengan cepat dan juga mengurangi kemungkinan diabetes dengan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Tidur di kamar yang dingin juga meningkatkan sensitivitas insulin, yang menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Menjaga suhu ruangan antara 16-20 derajat Celcius mendorong tubuh untuk memproduksi hormon melatonin yang, selain meningkatkan kualitas tidur, juga merupakan hormon anti penuaan yang kuat.

4. Minum kopi untuk tidur siang cepat yang lebih baik

Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa orang yang melakukan 'tidur siang dengan kopi', yakni tidur 20 menit setelah minum 1-2 cangkir kopi, merasa lebih waspada dan berkinerja lebih baik dalam tes komputer daripada mereka yang hanya tidur siang tanpa minum kopi.

5. Batuk untuk menghilangkan rasa sakit dari jarum dokter

Tidak sedikit orang yang berani dengan tusukan jarum dokter, meskipun itu penting bagi Anda. Tapi ada satu cara mudah untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan jarum, yakni batuk. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa batuk ketika disuntik mengurangi sensasi rasa sakit.

Para ilmuwan tidak yakin mengapa ini terjadi tetapi ada anggapan bahwa batuk dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang mengurangi persepsi rasa sakit.

6. Gosok langit-langit dengan lidah agar tidak sakit kepala saat makan atau minum dingin

Sakit kepala yang muncul setelah makan atau minum sesuatu yang sangat dingin adalah kejadian yang sangat umum. Ini terjadi karena ketika Anda makan sesuatu yang dingin, otak mencoba untuk tetap hangat dan untuk melakukan perubahan tertentu yang terjadi dalam tubuh, pada gilirannya akan menyebabkan sakit kepala.

Anda dapat menghilangkan rasa sakit ini dan menghangatkan otak Anda dengan menggosok bagian atas mulut Anda dengan lidah.

7. Kunyah permen karet untuk tingkatkan memori

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Coventry menemukan bahwa mengunyah permen karet rasa mint dapat mengurangi rasa lelah dan membuat seseorang lebih sadar akan lingkungannya.

Dalam sebuah studi terpisah, psikolog yang berbasis di Inggris menemukan bahwa permen karet dapat meningkatkan skor tes dan meningkatkan memori sekitar 35 persen. Jadi lain kali, daripada meneguk kopi, mungkin mencoba mengunyah permen karet sambil belajar untuk ujian. (*/ruslan)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong