Logo Saibumi

Tips Mudah Merawat Kesehatan Mata saat Bekerja

Tips Mudah Merawat Kesehatan Mata saat Bekerja

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Oleh:  Chelsea Deka There

MATA merupakan alat indra pada manusia yang secara konstan menyesuaikan pada jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada obyek yang dekat dan jauh, serta menghasilkan gambaran yang kontinyu, yang dengan segera dihantarkan pada otak.

Jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita setiap hari lebih banyak dihabiskan ditempat kerja.

Banyaknya bekerja, seperti di ruangan kantor dengan sistem kerja yang fleksibel, Anda tetap diharuskan menatap layar komputer atau laptop selama berjam-jam.

Anda seakan-akan terikat sekali dengan layar monitor komputer dan layar ponsel.

Menurut Santoso (2011) membuktikan sekitar 60.000.000 manusia mengalami gangguan mata dan jumlahnya meningkat sebanyak 1.000.000 setiap tahunnya.

Orang yang menderita gangguan mata ini sebagian besar memiliki pekerjaan yang membuat dia sering berinteraksi dengan komputer.

Sayangnya, manusia yang bekerja, khususnya selalu menetap dengan kebiasaan melihat tampilan layar monitor dan ponsel, kerap tak sadar akan bahaya terhadap penglihatan pada mata.

Tidak hanya merusak mata saja, tapi juga dapat menurunkan tingkat produktivitas para pekerja tersebut.

Sebuah studi juga membuktikan bahwa hanya dua jam saja bekerja di depan layar monitor ataupun ponsel sudah meningkatkan risiko Anda terkena masalah penglihatan.

Coba dipikir-pikir lagi, jika kalian harus benar-benar bekerja di depan layar monitor, apakah tidak ada jeda waktu untuk istirahat pada mata Anda?

Bayangkan saja, berapa jam juga Anda habiskan di dalam ruangan, atau saat di rumah sampai sebelum tidur?

Tapi tenang, jangan panik dulu. Ada solusi mudah yang dapat memelihara kesehatan pada mata. Simak baik-baik. 

Pertama, coba Anda atur posisi mata dari layar. Bagusnya Anda atur jarak 40 sampai 60 cm dari layar. Bagaimana jika di ruangan kerja posisi mejanya terlalu rendah?

Coba letakkan laptop atau komputer Anda di atas penyangga, supaya bagian atas layar segaris lurus dengan pandangan mata, agar leher tidak pegal karena harus banyak menunduk. Begitu juga bagi pengguna ponsel saat bekerja. Harus melihat ketentuan ini.

Kedua, bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di depan komputer atau ponsel, cara ini bisa dilakukan setiap hari tanpa harus menunggu sakit terlebih dahulu. Dapat melakukan dengan sendiri saat sambil duduk atau berdiri. Mudah dan praktis.

Caranya, Anda harus memutar bola mata dengan berlawanan dan searah dengan jarum jam. Kemudian, ulangi lagi setiap 30 menit sekali.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk meregangkan pikiran dan mata Anda yang bekerja dan duduk di depan layar monitor komputer, saat bekerja di ruangan atau mendapat tugas lain secara online lewat ponsel dalam waktu cukup lama.

Ketiga, tutup mata dengan telapak tangan. Tutup mata Anda, kemudian tutup lagi dengan kedua telapak tangan Anda. Ingat, jangan terlalu rapat agar mata Anda tidak tertekan saat ditutup.

Hal ini dapat dilakukan agar mata Anda menjadi rileks dan harus diingat juga posisi badan Anda harus rileks saat dalam keadaan bekerja.

Keempat, mata Anda harus istirahat selama 20 menit, dengan cara alihkan pandangan Anda dari layar dan fokuskan pada suatu titik berada kira-kira sejauh lima hingga enam meter selama 20 detik.

Take a break! Silahkan istirahatkan mata Anda dari layar dengan melakukan aktivitas kecil di kantor, misalnya ke kamar mandi atau ke pantry, asal Anda jangan mengecek ponsel Anda saat beristirahat.

Semoga tips mudah dari Saya bermanfaat. Atur secara baik dalam penggunaan media yang beradiasi sangat besar, sehingga mungkin dengan olahraga mata ini, tidak dapat mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian kacamata, namun dapat memperbaiki dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan mata setelah Anda pakai seharian untuk aktivitas yang berat.

* Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong